Kota Ambon

Si Jago Merah, Hanguskan 3 Toko dan 1 Rumah di Kota Ambon

kebakaran diLokasi Pertokoan Pasar Mardika

Ambon, Maluku.- Musibah kebakaran kembali melanda Kota Ambon. Kejadian nahas yang terjadi pada, Minggu (9/07/2017) tersebut terjadi pada 2 tempat dalam sehari, di Kota Ambon yaitu dilokasi terminal B angkutan umum pasar Mardika dan lokasi di sektor 10 Jemaat Ebenezer Skip dalam RT.02/RW.01 Kelurahan Batu Meja Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Kapolsek Siriamu AKP Meity Jacobus saat ditemui Intim News di Kantor Polsek Sirimau, Minggu (9/7/207), mengatakan pihaknya sementara melakukan penyelidikan guna mengetahui sebab terjadinya kebakaran di 2 lokasi yang berbeda tersebut.

“Kami masih mendalami sebab terjadinya kebakaran, karena terjadi pada 2 lokasi yang berbeda dihari yang sama,” terangnya.

Perististiwa kebakaran yang terjadi di lokasi terminal pasar Mardika, menurut saksi Yumi (26) salah satu pedangang pada pertokoan di Mardika, Blok B5 nomor 9 ini menjelaskan bahwa peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 10.40 Wit, yang mana saat itu saksi yang sementara berjualan di Toko Sofian, lokasi pertokoan Mardika. Saat melihat ada nyala api dilantai 3 toko sebelah milik La Sariona tetangganya, dan kondisi api yang semakin besar, membuat saksi pun langsung menghubungi saudara-saudaranya untuk memberitahu kebakaran yang terjadi di toko milik tetangganya tersebut.

kebakaran di SKIP

kebakaran di SKIP

Selain itu karena panik, saksi juga berteriak memberitahu kebakaran kepada tetangga-tetangga toko yang bersebelahan dengan toko milik La Sariona yang sudah dilalap api tersebut. Mendengar teriakan tersebut para pedagang yang bersebelahan toko pun berhamburan turun dan berteriak memberitahu warga yang ada dilokasi tempat kejadian. Peristiwa kebakaran terseburt juga dilaporkan oleh warga yang berjualan di lokasi pertokoan Pasar Mardika ke pihak Kepolisian Polres Pulau Ambon dan P.Lease. Sekira pukul 10.5 wit pasukan reaksi cepat (PRC) Polres Pulau Ambon, tiba dilokasi TKP langsung mengamankan TKP dan menghimbau kepada masyarakat agar tidak mendekati TKP. Selain mengamankan TKP pihak kepolisian lalu juga menghubungi unit pemadam kebakaran Kota Ambon yang tiba pada pukul 11.05 wit dengan mengerahkan 7 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api dilokasi TKP. Selain itu pihak Ditsabhara Polda Maluku juga mengerahkan mobil Waterkenon untuk membantu memadamkan api bersama dengan pihak pemadam kebakaran Kota Ambon maupun pihak Polres Pulau Ambon.

Kebakaran ditinjau langsung oleh Walikota Ambon Richard Louhanapessy yang didamping langsung oleh Sekertaris Kota Ambon, A.G Latuheru yang tiba dilokasi kejadian pukul 11.20 wit. Dari peristiwa kebakaran tersebut, telah menghanguskan sedikitnya 3 toko milik para pedangang dengan kerugian ratusan juta rupiah. Toko milik Imran Lapua yang kehilangan Rp. 100 juta, La Boku Rp. 30 juta, dan La Sarioan Rp. 10 juta, itu belum ditambah alat-alat elektronik yang diperkirakan puluhan juta bersama dengan surat-surat berharga lain.

Selain kebakaaran yang menghanguskan sedikitnya 3 toko dilokasi pertokoan pasar Mardika Block B5 nomor.9 itu, di hari yang sama sekira pukul 17.05 wit, juga terjadi peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah sektor 10 Jemaat Ebenezer Skip dalam RT.02/RW.01 Kelurahan Batu Meja Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

19965091_1525868390769776_1158817624_nPeristiwa kebakaran tersebut, berawal dari Saksi Maria Eliayaan (51) yang berada di dalam rumah, sedang memasak nasi dengan menggunakan kompor yang berbahan bakar minyak tanah. Setelah nasinya yang dimasak, saksi yang hendak menurukan nasi tersebut dari kompor dengan menggunakan pengalas tangan yang terbuat dari kain tidak menyadari bahwa pengalas kain yang dipakainya tersangkut kompor yang digunakan untuk memasak nasi yang saat itu masih nyala, sehingga kompor pun lalu terjatuh ke lantai dan mengenai 5 Jiregen minyak tanah yang berada di tempat masak. Semburan api dari komporpun membesar yang mengakibatkan kompor meledak dan membuat api membesar. Melihat kobaran api yang membesar, saksi pun lalu keluar dapur sambil berteriak minta tolong kepada warga disekitar.

Personil Polsek Sirimau lalu bertindak cepat ke lokasi kebakaran langsung mengamankan lokasi kejadian dan menghubungi pihak pemadam kebakaran Kota Ambon.

Untuk Skip, pihak pemadam kebakaran Kota Ambon mengerahkan sedikintanya 6 Unit mobil pemadam kebakaran yang tiba dilokasi kejadian dengan dibantu oleh warga sekitar berhasil memadamkan api dilokasi kejadian. Akibat peristiwa tersebut, 1 unit rumah milik Reinhard Siahanenia hangus terbakar beserta isinya. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top