Militer

Gubernur Harap Polda Jadi Jembatan Penyelesaian Konflik Warga Di Maluku

19897534_1526858670670748_80163741_o

Ambon, Maluku.- Bertambah setahun usia dalam institusi kepolisian yang telah mencapai 71 tidaklah mudah, kinerja kepolisian sebagai pelindung, pengayom masyarakat dituntut lebih berperan aktif dalam penyelesaian-penyelesain konflik antar warga yang terjadi dibeberapa tempat khususnya di Maluku.
Dedikasi dan turut serta pihak Polda Maluku sebagai aparatur keamanan diharapkan mampu menjembatani perdamaian dan penyelesaian bentrokan antar warga yang terjadi di beberapa tempat di Maluku. Hal inilah yang menjadi harapan Gubernur Maluku saat ditemuai usai menghadiri acara parade Hut Bhayangkara ke-71 di lapangan upacara Letkol Pur Chr Tahapari, Polda Maluku Tantui, Ambon, Senin (10/07/2017).

Menurutnya, masyarakat maluku sangat membutuhkan kenyamanan stabilitas keamanan dari setiap kondisi bentrokan yang terjadi antar warga di beberapa tempat di Kota Ambon. Oleh Karena itu, kedepan Polri diharapkan semakin eksis, dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Semakin dicintai rakyat, saya harap polisi dalam tugas sebagai pelindung masyarakat dapat dilaksanakan sebaik mungkin, sehingga masyarakat tetap memberikan kepercayaan kepada Polri dalam menjaga stabiliitas keamanan,” tutur Assagaff.
Senada dengan Gubernur, Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara, juga mengajak agar anggotanya semakin lebih baik dan makin dipercaya oleh masyarakat. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk memberikan kepercayaan kepada polisi dibantu, TNI dan Pemerintah Daerah dalam menjaga keamanan di Maluku. begitu juga kepada masyarakat agar dapat membantu aparat keamanan dalam menjaga stabilitas keamanan.

“Kalau stabilitas aman, saya yakin Maluku akan lebih maju,” terang Juhara.

Kapolda Beri Penghargaan 6 Personil Polri/TNI

Kerja sama dan sinegritas dalam menciptakan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Wilayah Maluku terus dilakukan oleh pihak TNI/ Polri yang ada di Maluku. Untuk itulah sebagai bentuk penghargaan dan kehormatan atas dedikasi dan pretasi yang dilakukan oleh personil TNI/Polri dalam membantu menciptakan situasi Kamtibmas di Wilayah Maluku, Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Deden Juhara memberikan penghargaan kepada 6 orang personil anggota TNI/ Polri dalam acara acara parade hari Bhayangkara ke-71, dilokasi lapangan upacara Polda Tantui, Senin (10/07/2017).

19867105_1526857567337525_967600102_o6 personil Anggota TNI/Polri yang menerima penghargaan dari Kapolda Maluku tersebut yakni Dandim 1506/ Namlea Letkol Kavaleri, Shindu Hanggara, SH atas prestasinya dalam membangun kerja sama dengan Polres Pulau Buru dalam pengamanan dan penertiban penambang emas Gunung Botak di Kabupaten Pulau Buru, Kabag Ops Polres Maluku Tenggara (Malra) Kompol Drs, TH. Rahail, MBA atas prestasinya yang telah menyelesaikan pertikaian dan bentrokan antar Desa Elat dan Desa Waur, Desa Sather dan Desa Tutrean serta Desa Hollat dan Desa Kolser Kabupaten Mal;uku Tenggara (Malra). Kaur OPSLalin POMAL Lantamal XI Ambon, Lettu Laut (PM) Andrizal, S. S.T. Han atas prestasinya dalam membangun sinergitas dan kerja sama serta membantu tugas-tugas Kepolisian di Maluku, Bhabinkamtibmas Desa Ohoi Langgur Polsek Key Kecil Polres Maluku Tengggara, Brigpol Arthur Hurulean atas prestasinya yang telah mendukung program promoter Kapolri dengan mendirikan perpustakaan mini untuk masyarakat di Pos keamanan pasar Langgur. Brigade Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku, Brigpol Firman Jati yang telah berprestrasi sebagai peserta terbaik (Cendekia dan Umum) pada Dikbangspers Negosiator di Pusdik Gasum Lemendiklat Polri, Tamtama Pamfik SatPOM Lanud Pattimura, Prada Lukman Prasetyo atas prestasinya yang telah membangun sinergirtas dan kerja sama dengan Polsek kawasan Bandara Pattimura dalam pelaksanaan pengamanan di Bandara Pattimura.

Pemberian penghargaan kepada 6 anggota personil TNI/Polri tersebut juga diserahkan langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Deden Juhara, Gubernur Maluku Ir Saidd Assagaff, Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, Danlanut Pattimura, Kolonel Penerbangan Aldrin. P. Monggan, Dantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, S.E., M.Tr (Han), serta Kepala Kejati Maluku DR Manumpak Pane.
Sebagai penerima penghargaan prestasi dari Kapolda Maluku,Brigpol Arthur Hurulean Bhabinkamtibmas Desa Ohoi Langgur Polsek Key Kecil Polres Maluku Tengggara yang meraih prestasi mendukung program promoter Kapolri dengan mendirikan perpustakaan mini untuk masyarakat di Pos keamanan pasar Langgur,saat ditemui Wartawan dihalaman lapangan upacara Polda Maluku, di Tantui Ambon, Senin (10/07/2017) mengatakan dalam mewujudkan pengetahuan masyarakat akan informasi serta peningkatan minat baca dari pelajar maupun masyarakat yang ada di Desa Ohoi Langgur dirinya memiliki sebuah inisiatif dengan menggunakan modal pribadi untuk mendirikan sebuah perpustakaan kecil disekitar pos pengamanan Bhabinkamtimas yang berlokasi dipasar Langgur.
Hal ini dilakukan dirinya untuk memberikan sebuah kesempatan bagi masyarakat maupun pelajar yang meluangkan waktu sejenak untuk mengunjungi dan membaca buku-buku tentang ilmu pengetahuan yang ada disekolah, juga bagi masyarakat yang ingin mengetahui tentang informasi pengetahun melalui buku-buku fiksi maupun novel ada di perpustakaan Bhabinkamtibmas Pasar Langgur.

“Selain bertugas sebagai Bhabinkamtibmas, dengan modal dari gaji saya sendiri , saya berinisiatif untuk membeli buku-buku pengetahuan dan membangun sebuah perpustakaan mini di Pos Bhabinkamtibmas yang ada di lokasi terminal Pasar Langgur,” jelas Bintara lulusuan SPN Passo tahun 2006 ini.

Lebih lanjut dikatakannya, berkat dari usaha mendirikan Perpustakaan Mini ini mengantarkan dirinya untuk bertemu secara langsung dengan Presiden RI di Istana Kepresidenan di Jakarta pada beberapa bulan lalu. Selain bertemu dengan Presiden RI dirinya juga bertemu secara langsung dengan Kapolri Tito Karnavian.  (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top