Hukum & Kriminal

Berkas Kasus ADD Negeri Oma Naik Tahap Penyidikan

ADD

Ambon, Maluku- Berkas kasus korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) Negeri Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. Provinsi Maluku, tahun anggaran 2015-2016, senilai Rp 700 juta yang menyeret , Raja Oma Josep Caleb Pattinama dan Sekretaris Desa Oma Julius Sekewael sebagai tersangka oleh Penyidik Kejaksaan Negeri Ambon, akhirnya ditingkatkan ke tahapan Penyidikan.

Hal ini sampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Ambon Roberth Ilath saat ditemui INTIM NEWS di Kantor Kejaksaan Tinggi Maluku, Senin (17/07/2017) sore. Dikatakan, untuk kasus ADD Negeri Oma, Penyidik Kejari Ambon telah meningkatkan kasusnya ke tingkat Penyidikan. Penyidik hanya menunggu hasil perhitungan kerugian negara (PKN) dari Badan Pengelola Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Maluku.

“Dalam rangka menghitung kerugian negara dari Kasus ADD Negeri Oma, pihak BPKP Maluku juga telah mengklarifikasi berita acara pemeriksaan kepada saksi-saksi yang diperiksa oleh Penyidik Kejari Ambon. Penyidik juga harus kembali melakukan pemanggilan terhadap saksi-saksi yang sudah diperiksa untuk memenuhi permintaan dari pihak BPKP. Dari pemanggilan saksi yang dilakukan oleh Penyidik Kejari Ambon ada banyak saksi yang tidak hadir, ” Ungkap Kepala Kejari Ambon.

Dua saksi yang telah diperiksa diantaranya, Bendahara Dedy Henamalu, Kaur Pemerintahan dan Kaur Pembangunan Negeri Oma.

“ Dengan ketidak hadirannya para saksi yang akan diperiksa kembali oleh pihak Penyidik Kejari Ambon, tidak membuat penyidik berhenti sampai disitu. Kita jemput bola ke sana, Walaupun terus terang disana terjadi ada sedikit gesekan antara Warga yang pro dan kontrak dari para tersangka, ” Terangnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Kejaksaan Negeri Ambon akhirnya menetapkan tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi, Anggaran Dana Desa (ADD) Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (9/6/2017).

Adapun Kepala Desa Oma Caleb Pattinama, dan Sekretaris Desa Oma Julius Sekewael, ditetapkan oleh penyidik Kejari Ambon sebagai tersangka dalam kasus korupsi anggaran dana desa (ADD) tahun 2015- 2016 senilai Rp 700 juta.

Hal ini disampaikan oleh PLT Kepala Kejaksaan Negeri Ambon, Fredi Sembiring SH kepada Wartawan di Kejaksaan Tinggi Ambon, Juni lalu .

Dikatakan, penetapan keduanya sebagai tersangka pasalnya mereka mempunyai peranan penting dalam kasus yang disangkakan. Hal itu diketahui berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku.

“Berdasarkan hasil audit dari Tim BPKP Maluku yang diserahkan ke Kejaksaan Negeri Ambon menerangkan, adanya kerugian negara yang ditimbukan dari ADD negeri Oma, sehingga pihak Kejaksaan Negeri Ambon resmi menetapkan Caleb Pattinama beserta Julius Sekewael sebagai tersangka dalam kasus ADD Desa Oma tahun 2015-2016,” ungkap Sembiring . (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top