Buru

109 Calon Disiapkan, Kemenag Buru Gelar Manasik Haji

20048860_1858247604192169_1635236735_o

Buru, Maluku.- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru lakukan persiapan keberangkatan haji dengan menggelar manasik haji kepada calon jamaah haji kabupaten Buru yang berlangsung di lapangan Pattimura,Kota Namlea, Rabu (12/07/2017).
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru, Taslim Tuasikal,S.Ag yang ditemui usai kegiatan menjelaskan, bahwa manasik haji merupakan bagian dari pembekalan kepada calon jamaah haji. Dan untuk tahun ini di laksanakan dengan 2 cara pembekalan yakni pembekalan lewat teori didalam ruangan yang telah di laksanakan kemarin dan hari ini pembekalannya dilakukan dengan praktek di lapangan.

“Ini merupakan rangkaian pembekalan atau manasik haji kepada jamaah haji kabupaten Buru. Alhamdulillah untuk tahun ini kita melaksanakannya dengan 2 cara, yang pertama teori di ruangan yang kemarin sudah selesai dan saat ini prakteknya di lapangan,” jelas Tuasikal.

Selain itu, manasik haji ini bertujuan untuk memudahkan para calon jamaah haji untuk melakukan ibadah haji nantinya. Untuk praktek di lapangan kali ini dengan rute mulai dari lapangan Pattimura sampai dengan pantai Merah Putih , di kota Namlea yang di ibaratkan seperti rute ibadah di tanah suci.

“Kita mulai dan anggap saja rute dari telkom itu mekkah dengan ambil mabid untuk jamaah memikat atau berniat melakukan haji setelah itu tawaf kemudian dilanjutkan dengan syai tadi di lapangan Pattimura dan sekarang akan berakhir disini (Pantai Merah Putih) dengan melempar 3 jumrah atau jamarah,” katanya.

20048789_1858247574192172_437711046_oDia juga menambahkan untuk tahun ini kuota jamaah haji kabupaten Buru berjumlah 100 orang dan kemudian bertambah menjadi 109 orang, ini di sebabkan karena dari 100 orang tersebut ada jamaah normal yang mengundurkan diri kemudian diganti dengan jamaah lanjut usia (lansia) jadi total keseluruhan jamaah haji tahun ini berjumlah 109 orang yang terdiri dari 13 orang lanjut usia dan jamaah normal 96 orang.

“Alhamdulillah dari kuota kita 100 orang tahun ini kemudian bertambah menjadi 109 orang ,di sebabkan karena di antara 100 orang itu ada jamaah normal yang mengundurkan diri kemudian di ganti dengan lanjut usia (lansia) jadi jumlah semuanya 109 orang yang terdiri dari 13 jamaah lansia kemudian sisanya jamaah normal.” Terangnya.

Dirinya berharap setiap tahun, jamaah haji dari kabupaten Buru selalu dinilai baik melaksanakan haji dalam berkumpul dengan jamaah – jamaah lainnya, itulah yang kemudian menjadi perhatian serius Kemenag Kabupaten Buru dalam melakukan pembekalan dan pembinaan saat ini.

“Ada satu yang menjadi harapan kami, setiap tahun ini kan jamaah haji dari kabupaten Buru itu selalu dinilai baik dalam pelaksanaan haji berkumpul dengan jamaah – jamaah lain, inilah yang menjadi perhatian bagi kami sehingga dalam memberikan pembinaan,pembekalan itu betul- betul serius dalam pelaksanannya,” harapnya.

Bukan hanya itu Kemenag Kabupaten Buru juga melibatkan pembimbing haji dari kota ambon yakni ustad H.Soleman Rahman, dan untuk 2 hari ini ada juga materi- materi yang di sampaikan dari pihak kesehatan dan kantor kementerian agama dalam rangka membekali jamaah haji Kabupaten Buru untuk menjadi lebih baik. (CR-05)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top