Kota Tual

Walikota Tual: Bukber Bagian Dari Ibadah dan Silaturahmi

19264173_247672789051808_617475137_o

Tual, Maluku.- Dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi sekaligus mempererat hubungan kedekatan antara pejabat pemerintah dan masyarakat, maka Pemerintah Kota Tual menyelenggarakan buka puasa bersama antara pemerintah dan masyarakat. Momentum buka puasa bersama lebih kepada nilai ibadah, karena hubungan silaturahmi itu sangatlah dianjurkan, karena memiliki keuntungan dan nilai-nilai ibadah, salah satunya di panjangkan umur dan di berikan nikmat kesehatan oleh Allah SWT, terlepas dari pandangn orang jika ini dalam rangka momentum politik. Hal ini ditegaskan Walikota Tual Adam Rahayaan, S.Ag, saat buka puasa bersama dengan sebagian warga masyarakat Wandan, kota Tual yang berkediaman di Mansur, dan masyarakat Latar di dusun Dumar, kelurahan Ketsoblak Kota Tual kemarin.

Kepada INTIM NEWS, Rahayaan mengungkapkan rasa terima kasih serta apresiasi atas inisiatif warga Wandan dan dusun Dumar yang sudah mengadakan buka puasa bersama.

“Saya adalah tokoh politik, sekaligus aktor intelektual politik, namun dalam hal kemasan kegiatan ibadah seperti buka puasa bersama ini, saya harus menjaga nilai dari ibadah itu sendiri, tergantung persepsi dan penilaian masing-masing pihak,” ungkapnya.

Saat disinggung mengenai hubungan salah satu sesepuh tokoh Wandan yang juga maju mencalonkan diri sebagai Walikota Tual, yang berkaitan dengan acara buka puasa yang digelar sebagian masyarakat Wandan kota tual ini, menurutnyan ini adalah bentuk silaturahmi antara sesame saudara.

”Kita ini semua saudara, dan hubungan kami berjalan sangatlah baik. Jadi acara buka puasa ini silaturahmi kami sebagai saudara,”tuturnya mantap.

Seperti diketahui Bakal Calon Walikota yang juga petahana ini, mengharapkan kepada segenap warga masyarakat Kota Tual agar proses pesta demokrasi adalah pesta bagi rakyat. Ini bukan sesuatu yang baru, karena dari beberapa Pilkada diwaktu lalu sudah memberikan pembelajaran politik yang cerdas, tinggal bagaimana para pelaku politik itu memberikan pemahaman yang baik agar masyarakat juga bisa terlibat secara aktif dalam melaksanakan hak, demokrasinya, dengan tenang, sekaligus mampu menjaga, situasi keamanan, kedamaian, serta kenyamanan, yang mana itu bisa terwujud dalam momentum pesta demokrasi di kota Tual ini ke depan.

Ali Hanafi Salamun, sebagai salah satu tokoh muda Wandan, sekaligus pengambil inisiatif dan penggagas, kegiatan buka bersama, saat di konfirmasi usai acara bukber itu mengharapkan, agar hubungan kekeluargaan itu tidak terusik dengan momentum Pilkada, karna hak demokrasi warganegara itu dijamin oleh undang-undang. Untuk itu dirinya menghimbau untuk bersama-sama berproses dengan pilihan politik masing-masing.

“Ini sikap kami sebagian masyarakat Wandan yang mendukung petahana itu adalah bagian dari seni berdemokrasi. Ini hak demokrasi kami, mari kita berproses dengan pilihan politik masing-masing,” tutur Salamun  (CR-01).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top