Buru

Wakil Ketua DPRD Buru Ajak Warga Khatmil Quran di Bulan Ramadhan

buru

Namlea, Maluku- Wakil Ketua DPRD Buru, Djalil Mukaddar SP mengajak umat muslim untuk membaca dan khatmil Quran di bulan Ramadhan.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Buru, Djalil Mukadar usai berbuka puasa bersama warga dan pemuka agama serta tokoh masyarakat Kecamatan Waplau, bertempat di Mesjid Desa Samalagi, (13/6). Usai berbuka dan sholat magrib, dilanjutkan dengan khatmil Quran 30 juz.

Dalam sambutan pembuka sebelum khatmil, Djalil yang akrab dipanggil Lilo ini mengatakan, salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi Bulan Ramadhan adalah membaca Al qur’an. Namun masih banyak diantara kita yang malas untuk membaca Al Qur’ an. Padahal jika kita tahu keutamaan membaca Al Qur’an tersebut pasti kita akan semangat melakukannya.

Ia lalu mengutip salah satu Firman Allah (QS. Fathir: 29-30) yang artinya, “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”. Rasulullah bersabda yang artinya, “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Kata Lilo, membaca Al Qur’an termaksud sunah yang diutamakan di Bulan Ramadhan ini. Selain ibadah sunah lainnya seperti sedekah, sholat sunah, dan mempelajari hadis. Membaca Al Qur’an tidak harus memiliki suara merdu. Yang terpenting benar bacaan lafaz dan tajwidnya.

Ia kembali mensitir firman Quran Al Isra ayat 82 yang artinya,”Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”
“Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Al-Quran) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al A’raf :52)

Menurut Lilo kalau begitu utamanya membaca Al Qur’an. Dengan kemajuan teknologi saat ini sudah terdapat aplikasi Al Qur’ an pada android sehingga kita bisa membaca Al Qur’an walaupun tidak di rumah. Misalnya di sekolah, kantor, atau tempat lainnya.

Oleh karena itu , sekali lagi ia mengajak marilah kita untuk membiasakan diri membaca Al Qur’an. Tidak hanya di Bulan Ramadhan ini, selain Bulan Ramadhan sebaik nya kita selalu membiasakan diri membaca Al Qur’an. Rasulullah bersabda yang artinya, “ Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

“Dengan mengetahui keutamaan membaca Al Qur’ an, semoga kita semua semangat untuk mengisi Ramadhan dengan membaca Al Qur’an apalagi sampai mengkhatamkan Al Qur’an di Bulan Ramadhan ini. Dimulai dengan niat karena Tuhan serta tekat dan semangat. Sehingga Ramadhan dapat dilalui dengan indah dan lebih terasa berhaknya,”ucap Lilo.

Lilo juga lebih jauh menjelaskan, selaku wakil rakyat dari PKB, pimpinan partai di DPP PKB juga sudah ikut mengingatkan dan sekaligus mengharuskan kadernya di DPRD Kabupaten/kota , DPRD Propinsi, hingga DPR RI untuk ikut khatmil Quran di daerah pemilihan masing-masing selama bulan Ramadhan. (CR-04)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top