Politik

Tanpa Mahar,DPW Nasdem Maluku Buka Pendaftaran Balonkada

Hamdani Laturua Nasdem

AMBON,MALUKU- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Maluku,secara resmi membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah (balonkada) terhitung tanggal 14 Juni sampai 15 Juli tahun 2017.

“Bagi kader partai maupun tokoh masyarakat dan siapapun warga negara Indonesia,putra dan putri Maluku,kami DPW ,DPD Kota Tual dan Kabupaten Malra partai Nasdem secara resmi membuka pendaftaran balonkada serentak terhitung tanggal 14 Juni sampai 15 Juli tahun 2017,”jelas Azis Lattar,Ketua Badan Pengendali Pemilu (Bapilu) DPW Partai Nasdem Maluku di kantor DPW, (10/ 06).

Lanjutnya,tanggal 14-20 Juni buka pendaftaran dan 21 Juni-02 Juli tutup sampai dibuka kembali tanggal 03-15 Juli,mengingat moment hari raya Idul Fitri,jadi diberi kelonggaran waktu.Rentang waktu setiap harinya yakni,pukul 10.00-16.00 WIT .DPW dan DPD tidak menerima mahar sepeser pun dari kandidat siapapun yang datang mendaftarkan diri di partai.

Tambahnya,proses seleksi untuk pilkada gubernur,dari sekian banyak yang diverifikasi,hanya 3 nama yang kami bawa ke DPP,sedangkan pilkada Malra dan Tual,DPD mengusul 3 nama dan DPW menambah 2 menjadi 5 nama yang dibawa ke DPP Nasdem.

“Seperti pilkada sebelumnya,proses yang dijalani para kandidat di Nasdem,kami tidak memungut biaya dan para kader ataupun pengurus,dilarang menerima dan meminta-minta uang dari para kandidat.Jika kedapatan demikian,lebih baik mengundurkan diri secara terhormat,sebelum saya sendiri keluarkan/dipecat!,”tegas Ketua DPW,Hamdani Laturua dalam konferensi pers bersama awak media.

Dijelaskan lebih lanjut olehnya,siapapun berpeluang peroleh rekomendasi partai,baik petahana maupun kandidat yang lain.

“Kami serahkan proses survey kepada balon,siapa yang peroleh survey tertinggi atas pilihan masyarakat,itu yang diakomodir.Jika ada balon selain petahana surveynya tinggi maka itulah yang terpilih dan sebaliknya,”jelasnya.

Sambung Laturua,rekomendasi bagi balon,kami pastikan tepat dan didasarkan atas pemikiran-pemikiran ilmiah.

“Baik pengambilan formulir maupun pengembaliannya,tidak boleh diwakili atau dikuasakan.Harus balon tersebut yang datang,”himbaunya.

Disinggung terkait dirinya yang disinyalir sudah dipinang oleh beberapa balon,Laturua katakan tergantung tingkat kesukaan masyarakat.Jika berkenan dan Ketua Umum memerintahkan,akan mematuhi.

“Saya akui,ada yang meminang,namun masih dipikirkan.Tergantung sejauh mana tingkat kesukaan masyarakat pada Saya.Kalau elektabilitas jauh dari yang diinginkan masyarakat, atau elektabilitas saya tinggi,saya menunggu dan siap patuhi perintah pimpinan,”tandasnya. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top