Papua

Tak Ada Perwakilan di Program Afirmasi PT, Magai Tuding Kinerja Disdik Dogiyai Papua “Tak Becus”

KETUA SEMNAS DAN KULIAH UMUM
Leonardus O. Magai

Bandung, Jawa Barat– Sekretaris Jenderal Ikatan Mahasiswa Se-Tanah Papua Jawa Barat (Sekjen IMASEPA JABAR) Leonardus O. Magai mengkritisi kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Dogiyai. Sekjen IMASEPA JABAR Leonardus O. Magai mengatakan, tahun ini tidak ada perwakilan dari Kabupaten Dogiyai yang lulus pada program Afirmasi Pendidikan Tinggi karena dari 27 Kabupaten dan 1 kota di provinsi Papua semuanya terwakili hanya saja hal itu tidak ditemui pada kabupaten Dogiyai.

Magai pun menuding Dinas Pendidikan Dogiyai tidak memiliki  rasa bertanggung jawab terhadap permasalahan itu.

“Saya berharap ke depan Dinas Pendidikan harus prioritaskan mutu dan akses pendidikan di Kabupaten Dogiyai,” katanya kepada INTIM NEWS, di Bandung , Senin, (5/6).

Menurutnya, program Afirmasi Pendidikan Tinggi merupakan satu akses yang dibuat oleh pemerintah pusat atas kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota di Papua dan Papua Barat demi mengejar mutu pendidikan.

“Pemerintah pusat telah menyediakan kebijakan pendidikan khusus bagi Papua dan Papua Barat, namun Dinas Pendidikan Kabupaten Dogiyai tidak memanfaatkannya  maka mutu pendidikan di Kabupaten Dogiyai  bisa tertinggal,“ tandasnya.

Magai mengaku kecewa atas kinerja Dinas Pendidikan Dogiyai saat ini, pasalnya sebagai imbas dari ketidak becusan Dinas Pendidikan setempat, membuat keterwakilan Calon Mahasiswa Dogiyai yang melanjutkan studi  ke 48 PTN dan 22 Politeknik seluruh Indonesia nol persen.

“Seharusnya, pemerintah daerah Kabupaten Dogiyai dapat membuka akses informasi dari berbagai lembaga apalagi Dinas Pendidikan provinsi Papua dan Kemenristek Dikti sebagai lembaga penyelenggara pendidikan,”pungkasnya. (IN-24)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top