Seram Bagian Timur

Putus Karena Longsor, Jalan Bula – Werinama Kian Memprihatinkan

mobil sedang melewati pinggiran kali

Bula,Maluku- Menjelang arus mudik lebaran tahun 2017 ruas jalan yang menghubungkan Kota Bula dengan Kecamatan Werinama terputus. Selain terputus, kondisi ruas jalan nasional itu juga memprihatinkan akibat terjadi longsor disejumlah titik. Akibatnya, warga Werinama dan Siwalalat yang ingin menuju Kota Bula dan sebaliknya harus putar arah melewati jalur Tehoru, Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah.

Ruas jalan ini merupakan satu-satunya akses utama menghubungkan Kota Bula, Kecamatan Werinama dan Kecamatan Siwalalat. Selain dua kecamatan tersebut, ruas jalan nasional ini juga menjadi akses jalan lintas Seram bagian utara.

Selain belum dilakukan pengaspalan, kerusakan ruas jalan itu akibat hujan deras yang menerjang wilayah itu sejak beberapa hari terakhir.

Kendaraan roda empat maupun roda dua yang melewati ruas jalan ini harus ekstra hati-hati. Sebab, sisi kanan-kiri jalan yang terjal sangat mengancam para pengendara terutama warga yang melalukan mudik lebaran.

Saat ini masyarakat Werinama dan Siwalalat yang berdomisili dikota Bula mulai bergotong royong mengumpulkan dana Untuk melakukan perbaikan pada sejumlah titik jalan yang mengalami rusak berat.

Kondisi jalan yang mengalami kerusakan parah berada di titik Ali trasi. Selain itu, tiga sungai yang berada di ruas jalan tersebut yakni Wae Muhina, Wae Sam dan Wae Nilayawan menjadi ancaman bagi para pengendara lantaran belum memiliki jembatan.

Masyarakat meminta dinas pekerjaan umum dan balai jalan dan jembatan nasional wilayah Maluku segera mengambil langka cepat memperbaiki jalan ini terutama jelang arus mudik lebaran.

“Kami minta pemerintah daerah dan pihak balai jalan nasional untuk segera memperbaiki jalan ini. Ini satu-satunya akses kami menuju kota Bula, "ujar salah warga Siwalalat, Rauf Kaplale kepada Intim News di Bula, Kamis 15/6) .

Kaplale berharap balai jalan nasional wilayah Maluku segera memperbaiki ruas jalan ini untuk mendukung arus mudik terutama bagi masyarakat Werinama dan Siwalalat yang ingin melaksanakan idul fitri dikampung halaman.

“Instansi teknis segera bertindak untuk memperbaiki ruas jalan ini. Kurang dari satu minggu lagi kita sudah masuk lebaran, “pinta dia. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top