Ekonomi

PLN Area Tual Perluas Jaringan Dua Kecamatan Di Saumlaki

warga desa setempat membantu mengangkat tiang listrik

AMBON, MALUKU.- Selain membuka jaringan baru, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Tual juga sedang memperluas jaringan listrik pada dua kecamatan di kabupaten Maluku Tenggara Barat. Dua kecamatan yang dimaksudkan adalah kecamatan Wermaktian dan kecamatan Selaru.

“Perluasan jaringan ini dilakukan sebagai tindak lanjut setelah memang sebelumnya listrik sudah menjangkau wilayah tersebut,” terang Manager Area Tual, Wahidin  kepada INTIM NEWS pekan kemarin.

Perluasan jaringan listrik untuk kecamatan Wermaktian diberikan kepada tiga desa yakni desa Batu Putih, desa Wermatan dan desa Marantutul. Sedangkan untuk kecamatan Selaru perluasan jaringan listrik kepada empat desa yaitu desa Lingat, desa Werain, desa Fursuy dan desa Eliasa.

tiang listrik diangkut secara manual

tiang listrik diangkut secara manual

“Dengan panjang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 41 kms. Dengan panjang kepada dua kecamatan tersebut masing-masing 23 kms,” jelasnya.

Jaringan tegangan tersebut berfungsi untuk menyalurkan tenaga listrik dari pembangkit atau gardu induk ke gardu distribusi, jaringan tersebut biasa dis sebut sebagai penyulang (feeder). Saat ini pihak PLN Area Tual telah melakukan pengiriman material seperti sebagian kabel dan tiang listrik.

“Sebelum akhir tahun ini, kami targetkan listriknya sudah menyala. Sehingga partisipasi warga dan pemerintah kabupaten MTB untuk mensukseskan program pembangunan melistriki ibu kota kecamatan dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Dengan menggunakan tenaga diesel, perluasan jaringan kepada kedua kecamatan di kabupaten Maluku Tenggara Barat ini memang sudah disiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Yang mana untuk wilayah kecamatan Wermaktian PLTD nya berlokasi di Bomaki sedangkan  untuk kecamatan Selaru  lokasi  PLTD terletak di desa Adaut.  (IN-02)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top