Maluku Utara

Personel Korem 152/Babullah Dapat Pelatihan Motoris dan Navigator

kapal TNI

Ternate,Maluku Utara– Sejumlah 20 Personel Koramil jajaran Korem 152/Babullah mendapatkan pelatihan motoris dan Navigator menyusul adanya bantuan 4 unit Kapal Motor Cepat V7 dari Mabes Angkatan Darat, (19/6/2017).

Pelatihan sendiri dilaksanakan oleh oleh personel Detasemen Perbekalan Angkutan Ternate, berupa materi kelas dan praktek lapangan. Materi yang diajarkan meliputi Standar Operasional Prosedur (SOP), teknik navigasi laut baik menggunakan kompas analog maupun digital serta diperkenalkan penggunaan Global Possitioning System (GPS) kepada para peserta selain itu juga diberikan pelatihan cara menanggulangi apabila terdapat ganggung mesin secara singkat. Sementara itu pada Praktek lapangan disimulasikan teknik-teknik mengemudikan Speed Boat juga teknik membaca arah gelombang dan cara melintasinya.

Sementara itu disela-sela latihan Danden Bekang Ternate Letkol Cba Trisno Yuwono menyampaikan bahwa ke-4 KMC V7 ini merupakan bantuan dari Komando Atas yang dipergunakan untuk mendukung operasional satuan Koramil yang berada di perbatasan maupun pedalaman seperti karena seperti kita ketahui bersama bahwa karakteristik geografis Malut yang kepulauan serta ketersediaan moda transportasi laut yang terbatas sehingga dapat menghambat dalam pelaksanaan tugas. Berkaitan dengan hal tersebut maka dilaksanakan pelatihan kepada operator baik sebagai motoris maupun Navigator yang diajarkan tentang SOP maupun berbagai macam teknik pelayaran laut sehingga dengan adanya bantuan armada laut tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal. (IN-10/ CR-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top