Ekonomi

Penyesuaian Tarif Listrik Juga Sumbang Inflasi Mei

PLN 2

Jakarta.- Kementerian ESDM sudah mencabut subsidi terhadap 18 juta pelanggan 900 VA yang dinilai sudah mampu. Para pelanggan tersebut kini membayar listrik dengan tarif normal.

Penyesuaian harga listrik ini menyumbang inflasi di bulan Mei. Selain harga pangan, inflasi Mei 2017 sebesar 0,39% juga disumbang oleh sektor perumahan, air, listrik, dan bahan bakar.

pln 4“Semua sudah menduga kelompok pengeluaran perumahan, air, listrik, dan bahan bakar paling dominan inflasi penyesuaian tarif listrik untuk rumah tangga 900 VA,” kata Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto, di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2017).

“Refiormasi subsidi 18,9 juta rumah tangga dialihkan dan di-cover di sini adalah masih ada dampak dari kenaikan Mei pasca bayar di Juni masih akan ada terakhir di Juni. Sumbangan penyesuaian tarif listrik 0,06%,” ujarnya.
Selain itu, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau juga terjadi inflasi 0,38%. Sumbangannya kepada inflasi 0,06%.

“Ada beberapa komoditas menyumbang inflasi. Pertama adalah nasi dengan lauk pauk, rokok kretek dan rokok kretek filter masing-masing 0,01%. Andil deflasi gula pasi 0,01%. Kemendag buat kebijakan HET untuk 3 komoditas gula pasir andil deflasi 0,01%,” ucapnya.

“Sandang inflasi 0,23% sumbangan 0,01%. Sumbang inflasi satu komoditas ada kenaikan untuk baju muslim wanita menjelang ramadan, baju muslim wanita mengalami peningkatan,” katanya. (ang/ang/rej)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top