Militer

Malam Takbiran di Ambon, 1.158 Aparat Keamanan Diterjunkan

aparat keamanan

Ambon, Maluku- Antisipasi tindakan kekerasan saat pelaksanaan pawai malam Takbiran untuk menyambut perayaan hari raya Idul Fitri 1428 Hijria, sekitar 1.158 personil pengamanan dari pihak Polri,TNI, yang dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Ambon, Dinas Perhubungan Kota Ambon, Dinas Kebakaran Kota Ambon, Pramuka Saka Bhayangkara, Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGMP)dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia (PMKRI) diturunkan untuk mengatur jalannya pawai malam Takbiran di dalam Kota Ambon.

Kapolres Pulau Ambon dan P.P Lease, AKBP Sucahyo Hadi, SIK, MH, saat ditemui Wartawan dilokasi pengamanan, Minggu dini hari (25/6) mengatakan, untuk pengaman malam takbiran tahun 2017,secara keseluruhan berdasarkan pemantauan langsung dilapangan berjalan lancar. Sesuai dengan harapan masyarakat bersama sehingga kegiatan pawai malam takbiran dari masyarakat dapat ditangani oleh pihak aparat keamanan gabungan sesuai himbauan.

“ Untuk pengaman malam takbiran dilakukan pengamanan gabungan dari pihak TNI dan Polri serta beberapa Instansi Pemerintah yang berjumlah 1.158 personil yang digelar dalam 14 titik pengamanan dan 23 dari jalur-jalur yang menjadi rawan untuk menjadi jalur sempit yang bisa dilewati oleh kegiatan takbir keliling,” Ungkap AKBP Sucahyo Hadi, SIK, MH

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan laporan yang diterima oleh pihak Direktorat Lalu Lintas Polres Pulau Ambon dan P.P Lease tidak ditemukannya laka lantas di malam pelaksanaan kegiatan takbiran. Namun beberapa penindakan yang dilakukan oleh pihak aparat gabungan TNI dan Polri dengan melakukan sweeping kepada pengdara roda dua yang telah melewati batas waktu untuk melakukan pawai takbiran.

“ Situasi pengaman kegiatan malam takbiran aman terkendali, namun ada penindakan yang dilakukan oleh pihak aparat gabungan TNI dan Polri kepada pengendara roda dua yang tidak memiliki surat-surat kendaraan bermotor . Hal ini dilakukan karena sebelumnya kami pihak Polres Pulau Ambon dan P.P Lease sudah menghimbau dari pihak Binmas Polres. Pihak Dikmas Lantas Polres berjalan keliling agar kegiatan takbiran yang melampaui batas jam malam bisa kembali ke rumah untuk melaksanakan Sholat Id pada esok hari,” Tuturnya.

Berdasarkan pantauan langsung dari Intim News, beberapa pengendara yang hendak melakukan Konfoi malam takbiran dicegat pihak aparat gabungan dibeberapa titik seperti, lokasi Jl A.Y Patti depan Polsek Sirimau. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top