Maluku Tenggara

Kenaikan Harga Barang dan Jasa Penyebab Inflasi di Kota Tual

inflasi dan deflasi

Tual, Maluku- Berdasarkan hasil Survei Harga Konsumen (SHK) pada bulan Mei 2017 di kota Tual,rata-rata harga beberapa barang dan jasa naik dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Permintaan barang dan jasa meningkat di bulan puasa (Ramadhan) merupakan salah satu penyebabnya. Selain itu, pengaruh cuaca  di Kota Tual yang berbeda dengan kota lain di Provinsi Maluku juga menjadi salah satu penyebab.

Kelompok pangeluaran bahan makanan dengan sub kelompok ikan segar mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi, dibandingkm kelompok pengeluaran lainnya.

Kota Tual pada Mei 2017 mengalami inflasi sebesar 0,96%, atau terjadi kenaikan indeks Harga Konsumen (IHK) dari 143,06 pada April 2017 menjadi 144,44 pada Mei 2017. Tingkat infiasi tahun kalender (Mei 2017 terhadap Desember 2016) dan tingkat Inflasi tahun ke tahun (Mei 2017 terhadap Mei 2016) masing-masing sebesar 3,08% dan 6,77%.
Inflasi terjadi karena adanya kenaikan indeks harga enam kelompok pengeluaran bahan makanan, yakni sebesar 2,08%, dengan IHK sebesar 153,95.%.
Selanjutnya 97 jenis barang dan jasa yang mengalami perubahan harga, dan sebagian besar merupakan bahan makanan. Juga termasuk 57 jenis barang dan jasa mengalami kenaikan harga, dengan kenaikan tertinggi terjadi pada teri/Puri segar, momar/layang, cumi-cumi, lalosi ekor kuning tembang, dan lengkuas termasuk tarif listrik, sebagai jenis barang dan jasa yang memberikan andil terbesar atas inflasi yang terjadi bulan ini di Kota Tual.

Inflasi di kota Tual terjadi di akibatkan adanya kenaikan rata-rata harga yang di tunjukkan oleh naiknya indeks di beberapa kelompok pengeluaran, dengan kenaikan tertinggi terjadi di kelompok pengeluaran bahan makanan yakni sebesar 2,08%.
Sedangkan 40 jenis barang dan jasa mengalami pen urunan harga di bulan Mei 2016, dengan penurunan harga tertinggi terjadi pada Cakalang/komo, daun singkong/kasbi, bayam, sawi hijau, kakap putih/sakuda. kangkung dan ketela rambat. Pada bulan Mei 2017, Kota Tual dan Ambon mengalami inflasi sebesar 0,96%, dan 0,20%. Inflasi bulanan Kota Tual yang mencapai 0,96%, menunjukkan bahwa secara umum harga barang dan jasa di bulan Mei 2017 naik 0,96% di bandingkan bulan April 2017.

Dengan demikian secara umum kota Tual dan Ambon terjadi kenaikan harga barang dan jasa di bandingkan bulan-bulan sebelumnya. (CR-01).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top