Agama

KCQ Dan Ikadi Maluku Gelar Sehari Bersama Al-Qur’an

KCQ

AMBON,MALUKU – Komunitas Cinta Al-Qur’an ( KCQ ) dan Ikatan Da’i Indonesia ( Ikadi) Maluku menggelar kegiatan Sehari Bersama Al-Qur’an,Minggu (11/06) di Masjid Raya Al Fatah Ambon.

Dalam sambutan Gubernur Maluku Said Assagaff yang dibacakan oleh Halim Daties Staf Ahli bidang kemasyarakatan dan pemberdayaan manusia disebutkan,provinsi Maluku dengan hadirnya 5.000 peserta dan 250 khataman Al-Qur’an,semoga bulan yang penuh rahmat,ampunan dan pembebasan dari dosa,ini dapat dilaksanakan dengan penuh kekhusyuan serta dapat memberikan motivasi bagi kita semua,untuk terus membina dan mengembangkan baca tulis Al-Qur’an kepada seluruh potensi anak bangsa dalam rangkaian mengembalikan kejayaan umat Islam.

“Saat ini,sendi-sendi kehidupan kebangsaan, kenegaraan dan kemasyarakatan kita,masih mengalami berbagai macam ujian dan cobaan yang tidak ringan. Ancaman Radikalisme, terorisme kesenjangan ekonomi dan sosial, memudarnya nilai-nilai keagamaan, menjamurnya pergaulan bebas, maraknya penggunaan Narkoba, hate speech atau ujaran-ujaran kebencian serta hoaks melalui media sosial serta perlakuan yang ingin menang sendiri,semakin menambah berat perjuangan kita semua,untuk mewujudkan negara sejahtera dan masyarakatnya makmur lahir dan bathin,”tuturnya.

Olehnya itu sambungnya, kita tidak boleh menyerah dengan kondisi ini, dan kita tidak boleh berpangku tangan membiarkan semua ketidakberesan ini terjadi, mari kita terus membenahi bersama-sama segala keruwetan, dan masalah bangsa ini dengan kerja keras, beriktiar mengerahkan segala daya upaya yang kita miliki dan salah satunya dengan dilaksanakannya sehari Bersama AI-quran dengan menghadirkan 5.000 peserta dan 250 khataman Al-Qur’an yang digagas oleh Komunitas Cinta Al-Qur’an.

Hal ini tambahnya,merupakan amanat wahyu pertama yang diturunkan Allah Subhanahu Wa’ Ta’ala pada Rasulnya di bulan suci ramadhan dan merupakan entri point untuk memasuki seluruh ruang serta waktu, merasuki pola kebudayaan, mekanisme ekonomi, sistem politik, dan seluruh aspek kehidupan yang berangkat dari Ruh Al’quran sebagai sumber pandangan hidup (Way Of Life) umat manusia, khususnya umat Islam.

“saya berharap agar umat Islam terutama generasi muda lslam terus menggelorakan tradisi membaca, mengajar, memahami dan menulis Al-Qur’an sehingga umat Islam dapat meraih kejayaan seperti masa lampau,”harapnya.

Pada kesempatan yang sama,Mardin Wali ketua KCQ menuturkan,melalui acara ini,kami mencoba menfasilitasi masyarakat Kota Ambon bahkan di Maluku,agar sehari bersama Al-Qur’an,bukan satu atau dua jam saja.

“Nanti ada ayat-ayat yang diterjemahkan dan saling berbagi,apa makna yang terkandung di dalamnya,terhadap kehidupan dia dalam mendalami Al-Qur’an,”paparnya.

Dirinya mengatakan,Sehari bersama Al-Qur’an serentak di Maluku dengan target 5000 peserta.

“Di Masjid Raya Masohi sudah digelar,bersamaan dengan di Buru,Tual,SBT dan kabupaten lainnya.Kota Ambon target kami 1.000 peserta,tanpa batasan berapa juz, bebas,”jelasnya. Kegiatan tersebut,diselenggarakan hingga waktu berbuka puasa.(IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top