Maluku

Ini Perjalanan Kunker Nono Sampono di Maluku

Nono Sampono Kunker

AMBON,MALUKU- Kunjungan kerja (kunker), Nono Sampono yang menjabat Wakil Ketua I DPD RI temui masyarakat di Provinsi Maluku.

Pantauan INTIM NEWS yang ikut meliput kegiatan kunker, salah satu senator anak asli daerah Maluku ini, setelah tiba di Ambon, Jumat (02/06) langsung menuju masjid Amal Soleh tepatnya berlokasi di tengah-tengah BTN Kebun Cengkeh, untuk sholat Jumat berjamaah bersama masyarakat disana.

Usai sholat, Sampono temui masyarakat Batumerah di kantor Negeri Batumerah sambil buka puasa bersama warga setempat.
Malamnya, dirinya sempatkan diri menemui korban kebakaran di Kapaha Ambon dan lanjut temui konstituen di desa Latta.
Siang hari-malam,Sabtu (03/06),lanjut kunker sambil safari Ramadhan.

Lokasi-lokasi yang disinggahi olehnya antara lain, kantor pelabuhan Tulehu langsung temui nahkoda kapal barang dan kapal cepat penumpang,ke salah satu pesantren di Tulehu,buka puasa bersama di Baileo Negeri Tulehu dan diakhiri Taraweh bersama di Liang.

Ternyata, hasil kunker Sampono,terdapat realita perputaran ekonomi yang terputus.Menyusul terjadinya transaksi pembelian sembako dan kebutuhan lainnya yang disuplai dari Kota Ambon,berbanding terbalik dengan kondisi kembalinya kapal pengangkut barang yang kembali kosong.

Pasalnya,tidak diimbangi dengan tidak adanya baik produk dari hasil pertanian atau perkebunan serta lainnya yang bisa diangkut pada kapal yang kembali.

“Nah,ini masalah.Perputaran ekonomi jadi terhambat.Karena,saat kapal barang berlayar mengangkut barang kebutuhan di kota tujuan di Maluku,tidak diimbangi dengan pemuatan hasil pertanian atau perkebunan milik masyarakat.Kapal kembali kosong.Kadang merugi,”kata Nono Sampono,Wakil Ketua DPD RI disela-sela kunkernya di Pelabuhan Tulehu,kabupaten Maluku Tengah,setelah mendengarkan curhatan salah satu nahkoda kapal barang Tulehu-Namlea.

Pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah kabupaten setempat katanya,harus menyikapinya agar perputaran ekonomi di kabupaten jangan terhambat.Perputaran uang dimasyarakat harus terus ditingkatkan.

Tinjauan kesiapan kapal penumpang saat ramadhan dan lebaran nanti,dinilai cukup olehnya.Hanya saja sudah mulai ada lonjakan penumpang.Namun,bukan menjadi kendala berarti karena telah disikapi sebelumnya oleh pihak ASDP, dan Pelni.(IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top