Seram Bagian Barat

Gelar Pelatihan Manajemen Usaha Perikanana Tangkap, Silano : Diharapkan Dapat Mensejahterakan Nelayan

silano

SBB,Maluku- Dinas Perikanan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menggelar pelatihan manajemen Usaha Perikanan Tangkap, bertempat di aula Kantor Dinas Perikanan SBB, (31/5).

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan SBB, Ir.Dantje Silano.MM. Pelatihan ini dihadiri oleh para Nelayan yang ada di Kecamatan Seram Barat.

silano2Dalam sambutannya, Selanno mengatakan Pembangunan Sektor Perikanan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Pembangunan Nasional yang diarahkan untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup nelayan secara berkesinambunggan,serta membuka puluang untuk meningkatkan dan memperluas lapangan kerja sebagai wujud nyata atas pemanfaatan yang luas terhadap sumberdaya alam di bidang Perikanan.

Menurut UU Perikanan No. 31 Tahun 2014, perikanan merupakan semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ikan dari lingkungannya mulai dari kegiatan pra produksi, produksi, pengolahan sampai pada pemasaran yang di laksanakan pada satu sistim bisnis perikanan.

Menyadari bahwa kepulauan Maluku Memiliki luas laut sebesar 658.294.69.km2 atau 92,4% dari luas Daratan di tambah dengan potensi perikanan yang dapat di olah sebesar, 1.640.160.Ton per-Tahunnya, oleh Nelayan lokal khususnya nelayan tangkap.

Olehnya itu, Ia menghimbau kepada nelayan tangkap agar kegiatan Manajemen Usaha Perikanan yang diselengarakannya bersama Dinas Perikanan Propvinsi dapat diserap dengan baik.

Diharapkan, nelayan dapat turut serta menggiatkan sektor usaha perikanan tangkap, dapat mengkaji permasalahan manajerial yang ada dan menemukan solusi demi kemajuan sektor perikanan tangkap. (IN-15)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top