Ekonomi

100 Pelajar SMA Ikut Sosialisasi Edukasi Konsumen Cerdas

tidak-sni

AMBON, MALUKU.- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menggelar sosialisasi edukasi konsumen cerdas.

“Sosialisasi edukasi konsumen cerdas ini akan berlangsung di Hotel Marina Kota Ambon, pukul 09.00 WIT pagi,” ujar Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disperindag Maluku, Yahya Kotta, kepada wartawan, di ruang kerjanya, kemarin.

Menurut Kotta, sosialisasi ini akan melibatkan sebanyak 100 peserta yang tidak lain adalah para siswa Sekolah Menengah Atas (SLTA) di Kota Ambon.

“Sebanyak 100 peserta itu, berasal dari SMA Angkasa Ambon, SMA Xaverius Ambon, SMK Negeri 7 Ambon dan SMK Negeri 4 Ambon,” ujarnya.

Tujuan dilaksankannya sosialisasi ini, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang perlindungan konsumen terhadap para siswa sehingga mereka dapat mengetahui serta memahami hak dan kewajibannya selaku konsumen.

“Kalau siswa sudah dapat pahami maka, mereka dapat memilih prodak sesuai ketentuan yang berlaku, misalnya tidak dirugikan dalam transaksi, baik konvesional atau online lalu pengurangan bahan berbahaya pada pangan pelayanan penjualan dan sebagainya,” terangnya.

Bahkan, dapat pula terhindar dari maraknya peredaran barang di pasar yang tidak memenuhi standar atau berlabel, baik ensi maupun manual kartu garansi dan label.

Saat ditanya mengapa hanya melibatkan siswa SMA pada sosialisasi ini dan tidak melibatkan masyarakat atau stakeholder lainya? Karena sosialisasi ini lebih awalnya itu sudah dilaksanakan kepada masyarakat jadi untuk tahun 2017 ini difokuskan pada siswa SLTA.

“Lewat sosialisasi ini para siswa ini dapat menyampaikan kepada lingkungan sekolah maupun masyarakat atau tempat tinggalnya,” harapnya.

Ditambahkan, para narasumber yang akan memberikan materi pada sosialisasi kali ini adalah Direktur Pemberdayaan Konsumen, Dirjen Perlindungan Konsumen  dan  Tertib  Niaga  (Kemendag RI), Dinas Indag Maluku, dan Balai-POM Ambon.  (IN-02)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top