Maluku

Upacara Peringatan 200 Tahun Perjuangan Pattimura

Obor Pattimura

Ambon,Maluku- Peringatan 2 abad perjuangan Pattimura yang jatuh pada tanggal 15 Mei 2017, dipusatkan di Pulau Saparua Kabupaten Maluku Tengah. Seperti tahun tahun sebelumnya upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional Pattimura dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Negeri Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (15/05).

Bertindak sebagai Upulatu/Inspektur Upacara Gubernur Maluku Bpk. Ir. Said Assagaf dan sebagai Kapitan Upacara Letkol Pnb Pedro Siegers.

Gubernur Maluku dalam amanatnya mengatakan, momentum perayaan 200 tahun atau 2 Abad Pahlawan Nasional Pattimura merupakan awal pijakan bagi seluruh rakyat Maluku untuk berperan serta dalam geliat pembangunan nasional bersama saudara – saudara kita dari seluruh penjuru NKRI. Kita bersama – sama mengenang semangat juang anak – anak Maluku melawan para penjajah, bersamaan dengan HUT Kodam XVI/Pattimura agar kedepannya TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura dapat meneruskan semangat juang untuk melayani lapisan masyarakat.

“Mewakili pemerintah Prov. Maluku, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak sehingga kegiatan HUT Pattimura ke 200 dan HUT Kodam XVI/Pattimura ke 18 dapat terlaksana dengan baik. Resepsi nilai perjuangan Kapitan Pattimura ini semoga dapat menjadi penyemangat bagi kita generasi penerus untuk membangun dan berperan dalam memajukan daerah Prov. Maluku yang kita cintai bersama” ujar Gubernur.

Dikatakannya bertepatan dengan 200 tahun Pahlawan Nasional Pattimura telah diresmikan dan diluncurkan Patung serta Tugu Pattimura yang saat ini telah berada di Lapangan Merdeka Saparua yang berhadapan lagsung dengan Benteng Dhurstede.

“Kita semua berharap semoga dengan dibangunnya fasilitas ini dapat menumbuhkan rasa cinta anak – anak Maluku terhadap para pahlawan yang telah mengawali perjuangan melawan ketidakadilan dan ketidakaliman di bumi ini,” ungkapnya.

Diakhir amanatnya, Gubernur mengajak masyarakat Maluku agar bersama kita bangun kota ini karena kota ini merupakan kota bersejarah dan kota peradaban, karena dari sinilah awal perjuangan nasional semoga Tuhan YME meridhoi dan merahmati perjuangan kita semua.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam XVI/Pattimura, Mayjend TNI Doni Monardo, Bupati Kab. Maluku Tengah, Abua Tuasikal, SH, Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L. Leleury, SE, Para Kepala SKPD Prov. Maluku, Kab. Maluku Tengah dan Kota Ambon, Para Muspika dan Muspida, tamu undangan dan masyarakat kurang lebih 1.000 orang. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top