Ekonomi

Transaksi Tukar Uang Mulai Dilakukan Bank

uang 5

AMBON, MALUKU.-  Kegiatan  transaksi  penukaran  uang  saat  ini  mulai  gencar  dilaksanakan di Kota Ambon. Kepala  Kantor  Perwakilan  Bank  Indonesia  (BI)  Provinsi  Maluku,  Bambang  Pramasudi mengatakan, pihaknya mulai  melayani masyarakat umum  untuk kegiatan  penukaran  uang  kecil. Pada  hari ini  Selasa (23/5) ada  empat bank  juga  yang  sudah  bisa  melayani  masyarakat   dalam   penukaran  uang,  sebab  ke-empat  bank  tersebut sudah melakukan  penarikan  atau  penukaran  uang  di  BI.

Empat bank itu,  yakni bank BRI yang  berada  di kawasan  jalan  Diponegoro,  bank Muamalat di  jalan A.M.Sangaji, bank Mayora di kawasan .A.J.Patty, dan bank Danamon di jalan Diponegoro.  Yang  mana  kegiatan  penukaran uang kecil  ini  dilakukan  sesuai jadwal.

”Jadi ada 15 bank umum di Kota Ambon yang berkomitmen untuk bekerja sama dengan BI dalam melayani  penukaran  uang  bagi  masyarakat  di daerah ini,” katanya  kepada  wartawan di Ambon belum  lama  ini.

uangUntuk  diketahui  ada delapan bank lainnya, yang melakukan penukaran  uang sesuai  jadwal pada  hari  rabu, kamis dan jumat. Delapan (8) bank  tersebut,  antara  lain  bank  Daerah Maluku  dan Maluku Utara (Malut) yang berada di jalan Pattimura, bank  Sinar Mas  yang  berada  di jalan A. Yani, bank  Mayapada  yang  berlokasi di jalan Diponegoro, bank  Maybank di jalan Diponegoro, kemudian bank Mandiri di jalan Pattimura, BNI di jalan Said Perintah, bank  Panin di jalan Diponegoro  dan  bank  Nobu  yang  terletak  di  jalan  A.Y.Patty.

”Selain  kegiatan  penukaran  uang  langsung  ke  Bank  Indoensia, ada tiga  bank yang sudah lebih  dulu  melayani penukaran uang kepada masyarakat,  yakni  Bank  Tabungan  Negara (BTN) yang  berada  di Jalan  Diponegoro, bank  Syariah  Mandiri  di  jalan  Pala  dan bank  Artha  Graha  yang  berada  di kawasan  jalan  Diponegoro  sejak Jumat (19/5) pekan  kemarin,” terang  Pramasudi

Nominal  uang  yang  akan disediakan  Bank Indonesia guna  penukaran uang, seperti  pecahaan  uang kertas  Rp 20.000.00.-, Rp 10.000.00.-, Rp 5.000.00.-, Rp 2.000.00.-, Rp 1.000.00.-,  sedangkan untuk  uang  logam  yang  disediakan  yakni  Rp 1.000.00.-, Rp 500.00.-,  Rp 200.00.-  dan  Rp 100.00.-

Kebutuhan  uang  yang disediakan BI selama  satu  bulan  kedepan. Namun  bisa  membutuhkan  lebih jika  persediaan  habis  maka  BI  siap  menambahkan lagi.

“Intinya  akan  tetap  berputar  terus sesuai dengan jadwal  penukaran  yang sudah ditetapkan. Peran strategis dan fungsi dari BI  di Maluku  kan  melakukan  distribusi  dan  pengelolaan  uang serta layanan  kas di Maluku,” tutupnya.   (IN-02)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top