Ekonomi

Stok Persediaan Sembako Cukup Hingga Idul Fitri

sembako 4

MALRA, MALUKU.- Persiapan menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, kebutuhan dan ketersediaan Sembilan bahan pokok (sembako) dijamin mencukupi hingga menjelang Idul Fitri nanti.

“Stok sembako kami jaminkan tersedia mencukupi hingga Idul Fitri nanti,” ungkap Drs, Raisoli Uar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Maluku Tenggara yang ditemui Intim News di ruang kerjanya, Selasa (23/5).

Menurutnya, dalam menghadapi Bulan suci Ramadhan,1438 H, pihaknya telah melakukan pemantauan sekaligus peninjauan langsung ke beberapa agen sembako, baik di pasar Langgur maupun pasar Elat, dengan harga yang relatif normal. Bahkan di Elat yang merupakan Kecamatan Kei Besar, ketersediaan sembako malah lebih. Ini dikarenakan lancarnya tranportasi laut. Kelancaran tersebut oleh karena adanya kapal cepat yang setiap hari melayani rute Langgur-Elat.

Ketersediaan stok sembako membuat masyarakat lebih memilih Pasar Langgur dan Tual untuk membelanjakan kebutuhannya selain itu juga karena sedikit lebih murah.

Namun memang ada beberapa stok lain yang mengalami ketidak tetapan harga (fluktuasi) yaitu pada bawang merah, bawang putih dan telur ayam. Telur ayam misalnya di pasaran harga normalnya Rp. 35.000.00.- sampai dengan Rp. 38.000.00, ini bisa naik hingga Rp. 45.000,00.- hingga Rp. 50.000,00.- demikian halnya juga terjadi pada bawang merah dan bawang putih.

Lanjutnya, hingga saat ini belum dilaksanakan pasar murah. Namun memang sudah dilakukan koordinasi dengan pihak Bulog Kabupaten Maluku Tenggara terkait stok beras, bersama-sama dengan bahan kebutuhan lainnya yang melibatkan pihak ketiga.

“Insha Allah, Operasi pasar murah rencananya akan kami lakukan pada tgl 30 nanti secara mobile, untuk daratan Kei- Besar dan Kei-kecil, dan selanjutnya ada ke beberapa titik operasi pasar seperti Kei-besar di Elat, Kei-besar Utara timur di Banda Ely, Kei-besar Selatan Tamangil, Kei- besar Selatan barat Langgiar dan Kei-besar Utara-barat di Uat. Yang kesemuanya guna memenuhi kebutuhan masyarakat ekonomi lemah dalam menghadapi bulan Suci Ramadhan nanti,” pungkasnya.  (CR-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top