Ekonomi

Stok Beras Bulog Aman Hingga Idul Fitri

bulog

AMBON, MALUKU.- Perum Bulog  memastikan  stok  beras  akan tetap aman hingga memasuki hari Raya Idul Fitri 1438 H. Hal  tersebut  disampaikan  oleh  Kabid Organisasi dan Pelayanan Publik Perum Bulog Divre Maluku, Asrul  saat  ditemui  wartawan  beberapa  waktu  lalu  bahwa  stok  beras  bulog  yang sementara berada di Gudang tempat penyimpanan masih sangat banyak yakni 13.330 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Bahkan dengan stok beras sebanyak itu dapat memenuhi permintaan masyarakat dalam menyambut bulan puasa sampai dengan perayaan Idul Fitri 1438 H nanti.

Berikut jumlah stok beras yang ada pada tempat penyimpanan seperti di gudang Kota Ambon sebanyak 8.635 ton, untuk Gudang Mako yang berada di Pulau Buru sebanyak 576 ton, yang berada di gudang Ternate Maluku Utara (Malut) sebanyak 2.625 ton, gudang di Tobelo 41 ton, dan Kota Tual sebanyak 1.450 ton.

“Masyarakat yang berada di dua wilayah ini terutama warga yang akan menyambut bulan puasa di bulan suci Ramadhan tidak perlu takut sebab stok beras di Divre Bulog Maluku dan Maluku UItara cukup aman,” terangnya.

Sementara itu lanjutnya, untuk gula kristal putih, Perum Bulog juga telah menyediakan stok sebanyak 1.305 ton guna memenuhi permintaan masyarakat.
”Intinya, Bulog Maluku sudah melakukan persiapan dalam menyambut bulan puasa dengan pengadaan beras maupun gula pasir di dua daerah ini,” tuturnya lagi.

bulog 2Menurutnya, Perum Bulog Maluku dalam menyambut bulan puasa, juga mengadakan gerakan stabilitasi harga pangan melalui Rumah Pangan Kita (RPK) yang menjual beras dan gula pasir.

”Untuk harga jualnya, seperti beras premium Rp 9.500.00.- per satuan kilo gramnya, untuk gula pasir Rp 12.500.00.- per kilo gramnya dan minyak goreng Rp 13.000.00.- per liternya,” akuinya.

Selain RPK yang ada di Kota Ambon, RPK juga disediakan di halaman Kantor Perum Bulog Maluku, dan ternyata untuk minat masyarakat sekitar yang berkunjung sangat tinggi. karena terlihat dari aktivitas penjualan.

Gerakan stabilitasi harga pangan yang berlangsung di halaman Kantor Perum Bulog Maluku ini berlangsung pada 17-24 Mei 2017 lalu. Oleh karena itu, masyarakat di Maluku dan Malut tidak perlu ragu terkait stok beras Bulog, kemudian stabilitasi harga ini selain di Ambon, juga berlangsung di Kota Tual dan Kota Ternate provinsi Maluku Utara.  (IN-02)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top