Pendidikan

SMA 3 Kairatu Utus 6 Siswa Ikut Olympiade Sains Tingkat Maluku

medali-olimpiade-sains-nasional-osn-_140124155313-387

PIRU,MALUKU- Guna meraih sukses dalam perhelatan olympiade sains tingkat Provinsi Maluku tahun 2017, SMA Negeri 3 Kairatu, Desa Latu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), mengutus 6 siswa terbaiknya untuk berlomba dalam ajang tersebut. Enam siswa tersebut diantaranya Nailah Patty, Anthy Patty, Riska Patty, Safiah Heluth, Raju Layn dan Auliya Masloman.

Kepala SMAN 3 Kairatu, Ahmad Wakanno, menyebutkan, para siswa yang mengikuti olympiade sains ini, semuanya merupakan peserta terbaik yang lolos dengan juara 1,2,3 dalam ajang olympiade sains ditingkat kabupaten SBB.

“Dari enam siswa itu, Nailah Patty merupakan juara 1 olympiade kimia, Anty Patty juara 1 olympiade Fisika, Riska Patty juara 3 Fisika, Safia Heluth juara 3 kimia, Raju Layn juara 3 bidang kebumian dan Auliya Masloman merupakan juara 3 fisika,” sebut Wakanno kepada wartawan, Minggu (7/5).

Dia menurutkan, sebenarnya porsi bagi peserta olympiade ditingkat kabupaten yang berhak mengikuti olympiade tingkat provinsi, berlaku hanya untuk peserta juara 1. Namun setelah pihaknya membangun koordinasi dengan panitia ditingkat provinsi, bisa juga diperbolehkan untuk juara 2 dan 3.

“Kalau berdasarkan Juknis (petunjuk teknis), hanya juara 1 yang dinyatakan bisa ikut. Namun setelah kami melakukan konsultasi dengan pihak Kabid Dikmen Dinas PK Maluku serta panitia pelaksana, juara 2 dan 3 juga diperbolehkan. Dengan asumsi bahwa meski mereka hanya mendapat juara 2 dan tiga ditingkat kabupaten, tp mereka juga pasti mencetak juara 1 ditingkat provinsi,” terangnya.

Lebih lanjut,Wakanno yang juga merupakan ketua MKKS (musyawarah Kerja Kepala Sekolah) se-SBB ini menuturkan, untuk perwakilan Kabupaten SBB, totalnya berjumlah 30 peserta.

“Diajang olympiade kali, utusan dari SBB, akan mengikuti 9 bidang study sains nasional yang dilombakan. Diantaranya bidang study Fisika, biologi, kimia, astronomi, geografi, kebumian, ekonomi dan matematika. Kami berharap, semoga, para peserta yang diutus, bisa membawa harum nama SBB dan lebih khusus lagi SMA 3 Kairatu,” ujarnya.

Untuk diketahui, sejak pertama kali diresmikan sebagai sekolah negeri dikecamatan Kairatu (sebelum Kecamatan Amalatu mekar Red), SMA 3 Kairatu sudah mengukir segudang prestasi diajang olympiade sains baik tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional. Beberapa waktu lalu, SMA 3 Kairatu juga berhasil meraih jura 3 diajang cerdas cermat empat pilar bangsa tingkat kabupaten SBB.

Saat ini SMA 3 Kairatu, juga sedang mengembangkan kurikulum adiwiyata. Kurikulum tersebut mulai dijajaki sejak tahun 2015 lalu. Adiwiyata sendiri merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional, dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup serta pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Keuntungan menerapkan kurikulum dimaksud, yakni mendukung pencapaian kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan menengah. Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi. (IN-01/RUS)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top