Kesehatan

ROKOK MENJADI ANCAMAN GLOBAL DAN NASIONAL

BPOM RI

AMBON,MALUKU- Bahaya rokok memang tidak bisa dianggap sepele bagi manusia.Karena,akibat yang ditimbulkan dapat menyerang tubuh tanpa mengenal usia.

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO),rokok menjadi ancaman baik tingkat global maupun nasional.Parahnya lagi,menduduki peringkat ketiga dunia setelah India dan Cina.

“Rokok menjadi ancaman global dan nasional.Indonesia menempati urutan ketiga didunia dilihat dari populasi terbanyak Indonesia adalah perokok aktif,”jelas Penny Lukito,Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) RI,di The Natsepa Hotel,Selasa (09/05) saat memberikan sambutan pada seminar penyebaran informasi tentang bahaya merokok bagi kesehatan,kepada masyarakat.

Lanjutnya,saat ini perokok dari kalangan generasi muda kita alami peningkatan.Dari kisaran umur 10-14 tahun.

“Kami Badan POM selalu menghimbau kita semua,baik masyarakat,pemerintah,orangtua,guru maupun anak-anak kita unruk menjadi agent of change (agen perubahan).Tujuannya,untuk menyebarluaskan informasi tentang bahaya rokok bagi kesehatan,”ajaknya.

Pada kesempatan yang sama,Wakil Gubernur Maluku dalam sambutannya mengajak generasi muda untuk meninggalkan kebiasaan merokok.

Menurutnya,bahaya rokok sangat mengancam kesehatan diri kita,karena dapat menimbulkan berbagai penyakit.

“Anak-anakku,kalian adalah penerus masa depan bangsa,para calon pemimpin bangsa.Ke depan,persaingan cukup ketat dan luarbiasa.Yakni,persaingan intelektual .Hanya orang yang berkualitas dan pandai yang dipakai,”himbaunya.

Wagub menambahkan,generasi muda harus dijauhkan dari rokok.Karena,asyik merokok,anak-anak akan lupa belajar.

Dirinya menambahkan,konsumsi rokok menjadi beban ekonomi sebesar USD 18,5 setara 197,1 Trilyun.

Seminar tersebut bertemakan generasi muda sehat,berkualitas tanpa rokok.Dihadiri perwakilan siswa-siswi dari tingkat SMP sampai SMA sederajat. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top