Militer

Rakernis Fungsi Sabhara Bahas Kamtibmas Maluku

Polda

Ambon,Maluku – Persoalan keamanan dan ketertiban di Maluku yang dikenal sebagai Laboratorium perdamain dunia menjadi sebuah tanggung jawab besar bagi Kepolisian Daerah (Polda) Maluku dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dilingkungan Masyrakat Maluku yang akhir-akhir ini sering diusik oleh adanya bentrokan antar warga.

Untuk itulah sebagai langkah dalam mewujudkan situasi Kamtibmas di Maluku, Irwasda Polda Maluku Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Drs. Sarono, MH, didampingi Dir Sabhara Polda Maluku Kombes Pol. Drs. Irwan Rahmaini dan Dir Krimsus Polda Maluku Kombes Pol. Budi Wibowo SH,SiK, membuka Rakernis Fungsi Teknis Sabhara Polda Maluku yang dihadiri para Pejabat Utama Polda Maluku, Pamen, Pama Polda Maluku, dan diikuti Para Kasat Sabhara, para Kanit Polres jajaran Polda Maluku yang berlangsung di Rupattama Polda Maluku, Senin (15/05).

Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Deden Juhara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Irwasda Polda Maluku Kombes PolDrs.Sarono, MH mengatakan, keamanan dan ketertiban masyarakat di Maluku saat ini merupakan tanggung jawab Polri. Olehnya itu Polri merupakan Garda terdepan masalah Kamtibmas, hal ini sesuai dengan Program Promoter Kepala Kepolisian RI (Kapolri).

“Dengan program Promoter dari Kapolri selaku Panglima tertinggi Kepolisian RI dapat membuat pencitraan Polri di lapangan semakin profesional, dengan berbagai terobosan-terobosan yang , modern dan terpercaya karena didukung oleh Undang-Undang, hal ini sesuai dengan pelaksanaan rakernis fungsi teknis Sabhara dengan Tema ‘Optimalisasi Fungsi Teknis Sabhara Bidang Pembinaan dan Operasional Melalui Program Promoter dan Inovasi Kreatif untuk Mewujudkan Pelayanan Masyarakat Yang Mantap’, ungkap Irwasda Polda Maluku.

Dikatakanya, dalam melaksanakan tugas Polri, anggota Polri diingatkan untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang menyimpang, termasuk pungli, karena tujuan dari reformasi kultural dalam hal menekan budaya koruptif anggota Polri. Untuk itu, tingkat pelayanan kepada masyarakat lebih profesional dan penegakan hukum, selain itu tingkatkan stabilitas Kamtibmas yang mana saat ini sering terjadi perkelahian ditengah-tengah masyarakat baik antar warga, antar kampung dan komunitas, maka hal ini sangat menjadi perhatian dan menjadi tanggungjawab Polri dan Forkopimda Maluku.

“Kapolda mengajak kepada semua jajaran anggota Polri yang ada di Polda Maluku agar menjadi penggerak dan pelopor berbudaya ditengah-tengah masyarakat, membangun sinergitas dengan semua stekholder terutama dengan TNI. Untuk itu, layani masyarakat dengan baik sesuai dengan fungsi yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Janganlah melanggar hukum, laksanakan tugas dengan ikhlas dan jujur dengan sepenuh hati tanpa pamrih,” ucapnya.

Ditambahkanya, Kapolda juga menghimbau kepada semua personel Polri untuk mengoptimalkan menejemen media, galang semua unsur media dengan baik sehingga dalam pemberitaan selalu terkontrol dengan baik.

“Selain itu menyinggung masalah narkoba, Kapolda mengatakan Jadikan narkoba sebagai musuh kita bersama, untuk itu mari kita sikat semua tindakan kejahatan tanpa pandang bulu,” imbaunya. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top