Politik

Petahana Unggul di 2018 ? Laturua : Butuh Indikator dan Hasil Survey

Hamdani Laturua Nasdem
Hamdani Laturua

Ambon,Maluku- Dukungan politik partai Nasional Demokrat (NasDem) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku tahun 2018, berlandaskan pada hasil survei.

Hasil survei yang akan menjadi landasan bagi partai NasDem dalam menentukan pilihan politik untuk mengarahkan rekomendasi kepada calon gubernur dan wakil gubernur Maluku nantinya.

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Maluku, H Hamdani Laturua saat diminta tanggapan , Senin, (15/5) di ruang kerjanya mengatakan hingga saat ini partai NasDem tengah melirik figur-figur yang dipastikan maju dalam bursa pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Maluku termasuk Petahana (Gubernur Maluku), Said Assagaff yang punya kekuatan dan peluang yang sama dengan figur lain.

“Tidak ada yang kuat dan tidak ada yang lemah. Semua figur punya kekuatan dan peluang yang sama. Jadi kalau ada yang katakan Petahana (Assagaff-red) punya peluang besar untuk kembali menjadi Gubernur Maluku periode mendatang, bagi NasDem itu belum tentu. Demikian figur lainnya. Apa indikatornya yang mengatakan petahana atau figur lainnya lebih kuat dan berpeluang menang dalam Pilgub nantinya. Selama belum dilakukan survei, partai NasDem tidak akan menjastifikasi siapa yang kuat,” demikian kata Laturua.

Menurutnya, Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang membangun komunikasi dengan partai NasDem, selalu diarahkan untuk dilakukan survei internal untuk melihat seberapa besar elektabilitasnya di masyarakat. Hasil survey Elektabilitas dan Popularitas itulah yang anntinya akan dijadikan pembanding dengan survei yang dilakukan oleh partai NasDem nantinya.

“DPP akan merekomendasikan figur yang diterima dan disukai oleh rakyat. Figur yang punya jejak rekam yang baik dan tidak terlilit persoalan hukum. Hasil survei inilah yang menjadi acuan dan kajian ilmiah bagi partai NasDem dalam menentukan sikap politiknya,” katanya.

Dikatakan, kalau dukungan dan keputusan partai NasDem jatuh kepada salah satu Figur, artinya hasil survey memang mengunggulkan figure bersangkutan baik dari sisi elektabilitas maupun popularitasnya.

Saat ini, Partai NasDem tengah melirik sejumlah figur yang digadang gadang maju dalam bursa Pilgub Maluku Tahun 2018.

Balon Gubernur Maluku,

1. Said Assagaff ( PETAHANA)
2. Herman Koedubun (JAKSA)
3. Nono Sampono (Wakil Ketua DPD RI)
4. Murad Ismail (KAKOR BRIMOB).
5. Tagop Solissa (BUPATI BURSEL).
6. Komarudin Watubun (Anggota DPR RI)

Sementara Balon Wagub,
1. Johusoa M. Yotuwu, (Dirjen pengembangan daerah tertentu & tertinggal)
2. Abddulah Vanath (Mantan Bupati SBT)
3. Andreas Rentanubun (Bupati Malra)
4. Barnabas Orno (Bupati MBD)
5. Edwin Adrian Huwae (Ketua DPRD Maluku)
6. Enggelina Pattiasina (Mantan DPR RI) (IN-01/OLI)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top