Militer

Pemeliharaan Alusita Polair Tunjang Sitkamtibmas Perairan Maluku

18338974_1452653714757911_1573470234_o

Ambon,Maluku- Pemeliharaan Alusita Kepolisian Daerah (Polda) Maluku berupa kapal-kapal Patroli yang dimiliki oleh Satuan Polisi Perairan (Pol Air) menjadi sebuah keharusan yang perlu dilakukan oleh setiap personil Pol Air Polda Maluku. Hal ini dilakukan karena Kapal Patroli oleh Satuan Polair Polda Maluku merupakan Alusita Militer yang dimiliki oleh Kepolisian Perairan dalam melaksanakan tugas patroli Sitem Keamanan dan Ketertiban (Sitkamtibmas) khususnya di perairan Maluku, agar terciptanya Sitkamtibmas perairan yang aman dan kondusif.

Direktur Polisi Perairan (Dirpolairud) Polda Maluku AKBP. A. SUPENO kepada Wartawan seusai upacara Farewel Kapolda Maluku, Rabu (3/05) mengatakan, guna menunjang patroli Sitkamtibmas perairan Maluku yang aman dan kondusif, Kapal Patroli Ditpolairud Polda Maluku secara berkala terus melaksanakan perawatan.

“Untuk itu sebagai mana petunjuk dan arahan kepada para komandan kapal dan ABK, agar Alusita militer yang dimiliki Ditpolairud Polda Maluku yaitu kapal patroli ,setiap hari harus diadakan perawatan baik kebersihan maupun kerapihannya juga perawatan alat – alat navigasi yang terdiri dari KOMPAS, GPS, RADAR , dan ECHOSONDER lainya selalu dalam kondisi yang baik dan yang paling utama adalah mesin sebagai penggerak kapal harus dalam keadaan yang prima guna tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam pengoperasiannya. Tujuan yang paling utama dalam pemeliharaan dan perawatan adalah untuk memperpanjang usia pakai kapal, sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas sehari- hari,” ungkap AKBP. A. Supeno.

Dikatakannya, para komandan kapal dan awak kapal yang menggunakan kapal agar ‘”RAWATLAH KAPALMU SEBAGAIMANA ENGKAU MERAWAT DIRIMU SENDIRI, INGAT KAPAL YANG TAK TERAWAT AKAN MENGHEMPASKANMU DENGAN DAHSYATNYA GELOMBANG LAUT”. Mengingat karena situasi perairan dan gelombang dilautan bisa berubah-rubah serta semakin dahsyat, jadi memiliki kapal patroli yang prima dan siap pakai adalah suatu kewajiban sebagai Polisi Perairan, demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pesisir khususnya Maluku.

“Kalimat inilah yang menjadi motivasi anggota Kepolisian Perairan Polda Maluku yang bertugas di Kapal untuk selalu mempersiapkan Kapal dengan seluruh peralatannya dalam bertugas mengarungi perairan Polda Maluku untuk menciptakan situasi perairan yang aman dan kondusif,” tuturnya. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top