Ekonomi

LJK SIAP ANTISIPASI KEBUTUHAN DANA SAAT RAMADHAN

OJK

AMBON,MALUKU- Mengantisipasi pada bulan Ramadhan dan Lebaran, Lembaga Jasa Keuangan (LJK) baik perbankan, finance, pegadaian dan PNM siap memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber pendanaan khususnya kredit konsumtif.

“Meningkatnya konsumsi masyarakat memasuki Bulan Ramadhan, berpengaruh pada penyaluran kredit konsumtif sektor perbankan,”jelas Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maluku,Bambang Hermanto pada acara media update di kantor OJK, Selasa (29/05).

Dijelaskannya, sebagaimana terjadi pada tahun yang lalu (2016), satu bulan sebelum dan pada saat Ramadhan (posisi Mei dan Juni 2016) menunjukkan peningkatan penyaluran kredit konsumtif yang secara nominal lebih tinggi dari rata-rata penyaluran kredit di bulan-bulan diluar hari besar keagamaan. Oleh karenanya, tren ini diproyeksikan juga akan terjadi menjelang ramadhan dan lebaran tahun 2017.

“Penyalur kredit /pembiayaan dengan transaksi kredit terbanyak LJK dari finance. Peminjaman dengan jaminan BPKB mobil dan sepeda motor,”rincinya.

Selain itu lanjutnya, Bank Indonesia (BI) sudah siapkan uang kertas antisipasi transaksi kredit pada bulan ramadhan dan lebaran, juga penyaluran pada perbankan di semua Anjungan Tunai Mandiri (ATM). (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top