Militer

Kunjungi Polda Maluku, Dubes Belanda Pertanyakan Penanganan HAM

Dubes Belanda Bid.HAM

Ambon,Maluku- Polda Maluku, Senin (8/5) dikunjungi Duta Besar Belanda untuk Indonesia  Bidang Hak Asasi Manusia, yang mempertanyakan penanganan Hak Asasi Manusia (HAM) dan situasi Kamtibmas di Maluku.

Irjen Pol. Drs. Deden Juhara menerima kunjungan silaturahmi Duta Besar Negeri Kincir Angin Belanda bidang HAM, Mr. Kees Van Baar (Human rights ambassador of the kingdom of the Netherland) untuk Indonesia bersama 6 (enam) staf  di ruang kerjanya.

Kepala Bidang Humas Polda Maluku AKBP Abner Ronald Tatuh kepada Wartawan diruangannya mengatakan, kunjungan sekaligus silaturahmi yang dilakukan oleh kedutaan besar (Dubes) Belanda dengan Polda Maluku digelar dalam pertemuan bersama Kapolda Maluku Drs Deden Juhara, berserta Perwira jajaran Polda Maluku dan Pihak Polres Pulau Ambon dan PP. Lease adalah untuk membicarakan mengenai penanganan keamanan dan ketertiban yang ditangani oleh Wilayah Polda Maluku.

“Dalam kunjungannya ke Polda Maluku, Duta Besar (Dubes) Belanda Mr. Kees Van Baar menjelaskan bahwa kunjungan bersama staf kedutaan Belanda adalah untuk melihat secara langsung mengenai penanganan situasi keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) yang ada diwilayah hukum Polda Maluku,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku.

Dikatannya, meresponi akan kunjungan yang dilakukan oleh pihak Kedutaan Besara Belanda yang menangani Hak Asasi Manusia (HAM), Kapolda Maluku Drs Deden Juhara menjelaskan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Maluku dan Polres Pulau Ambon dan PP Lease jajaran.

“Sedangkan masalah konflik yang dialami daerah ini beberapa waktu lalu sekarang sudah tidak terdengar lagi, masyarakatnya sudah berbaur dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari,” jelas Kapolda.

Ditambahakannya dalam kunjungan tersebut Duta Besar Belanda juga menanyakan tentang pelayanan di Institusi Polri yang dilakukan oleh Polda Maluku dalam melakukan pelayanan kepada Masyarakat.

“Sehingga untuk menanggapi apa yang disampaikan oleh Duta Besar Belanda mengenai Implementasi pelayanan Polri yang dilakukan oleh Polda Direktur Bina Mitra Masyarakat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mohammad Yamin Sumitra, mengatakan untuk penanganan pelayanan mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat telah ada petugas khusus yang ditugaskan oleh pimpinan yakni Bhabinkamtibmas, jadi tugas Bhabinkamtibmas ini ialah membantu masyarakat dan lingkungan selama 24 jam terus menerus yang membutuhkannya, hal ini karena Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan Polri,” ungkapnya.

Dikatakannya selain pemaparan mengenai perasoalan Kamtibmas yang disampaikan oleh Dir Binmas Polda Maluku, Duta Besar Belanda juga menanyakan tentang pelayanan kepada perempuan dan anak di Polda Maluku.

“Kepada Dubes Kapolres Pulau Ambon dan PP Lease AKBP Sucahyo Hadi menjelaskan kalau di wilayah hukum Polres sudah ada Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA), jadi kalau ada yang mendatangi Polres dengan berbagai kejadian masing-masing sudah ada fungsi  unit untuk menanganinya,” tandasnya. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top