Militer

Kapolda Maluku Kroscek Kamtibmas Tiap Polres di Commander Wish

Polda dan Jajaran

Ambon,Maluku- Dalam rangka alih tugas selaku Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Irjen Pol. Drs. Deden Juhara memulai tugas dan tanggung jawabnya dengan melakukan kegiatan Commander Wish Kapolda tentang pemaparan langsung laporan perkembangan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) jajaran Kepolisian Resort (Polres) yang ada dibawah pengawasan Polda Maluku

Kasubid PID Bidang Humas Polda Maluku, Kompol. R. Gebby Rumlus saat ditemui INTIM NEWS, kemarin diruangan kerja Bid Humas Polda Maluku mengatakan, selaku Kapolda Maluku yang baru Irjen Pol. Drs. Deden Juhara dalam memulai tugas melakukan kegiatan Commander Wish tentang penyampaian secara langsung perkembangan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang ada disetiap jajaran Kepolisian Resort (Polres) dalam wilayah kerja Polda Maluku.

“Memulai tugas selaku Kapolda Maluku yang baru Irjen Pol. Drs. Deden Juhara Waka Polda Maluku Kombes Pol Drs. Musa Ginting, Karo Ops, pejabat utama serta para Kapolres lingkup wilayah kerja Polda Maluku melakukan kegiatan Commander Wish berupa pemaparan perkembangan situasi Kamtibmas yang ada disetiap wilayah tugas dari masing-masing Polres yang ada diPolda Maluku, selain itu Dir Intelkam Polda Maluku dalam paparannya memaparkan tentang kirka perkembangan situasi Kamtibmas di Daerah Maluku, serta mengenai radikalisme dan paham anti Pancasila”Ungkap Kasubid PID Bidang Humas Polda Maluku.

Dikatakanya, Kapolda Maluku dalam arahannya menegaskan bahwa sebagai personel Polri, merupakan sebuah kewajiban untuk menjalankan Program Kapolri sebaik-baiknya, hindari pelanggaran, karena kekuatan Polda Maluku bukan semata mata pada pasukan dan senjata, namun kekuatan terbesar ada pada masyarakat.

“Kapolda Maluku mengatakan berdayakan seluruh personel untuk melaksanakan deteksi dini, serta penggalangan, hal ini guna mengantisipasi timbulnya kembali konflik sosial di wilayah Maluku, seperti konflik antar kampung, sara, serta konflik pertambangan, masalah Narkoba, jadikanlah narkoba sebagai musuh bersama, serta sikat segala bentuk tindak kejahatan tanpa pandang bulu. Laksanakan protap penanganan perkara dengan memperhatikan aspek yuridis serta aspek teknis,” ucapnya.

Ditegaskannya, dalam pertemuan itu, tiap jajaran Polda Maluku dilarang mengekspos penanganan kasus Tindak pidana korupsi, dengan memperhatikan azas pra duga tidak bersalah, serta jaga dilarang mengekspos kejahatan yang pelakunya anggota samping (TNI-Red), untuk menjaga stabilitas dan Sinergitas. Kelola Media dengan baik, angkat berita positif, tekan berita negatif, serta junjung nama baik Polri (Polda Maluku), untuk itu laksanakan tupoksi dengan jelas fokus dan penuh totalitas, serta cegah pungli di internal Polda Maluku dengan membuat inovasi yang memantapkan teknologi informasi modern.

Sementara dalam arahan, Polres yang baru berkembang seperti Polres MBD akan ditambah personel, dan berbagai material seperti senpi, Ranmor, dan lainnya. Kapolda juga menegaskan bahwa pada wilayah hukum yang memiliki tambang seperti emas dan cinabar, agar dapat diperhatikan sosialisasi bahaya penggunaan mercury.

Kapolda juga menekankan tentang miras yang beredar di wilayah hukum masing-masing agar disita, karena segala kejadian konflik di wilayah banyak disebabkan oleh miras.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolda berpesan agar kinerja anggota Bhabinkamtibmas dilapangan dapat ditingkatkan pasalnya Bhabinkamtibmas merupakan salah satu garda terdepan Polri. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top