Ekonomi

JAGA STABILITAS INFLASI,BI MALUKU GELAR SOSIALISASI

Sosialisasi BI

AMBON,MALUKU- Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku menggelar sosialisasi Program Pengaturan pola tanam cabai,Selasa (23/05) di Swisbell Hotel Ambon. Hal ini dilakukan sejalan dengan tujuan BI, yaitu menjaga inflasi pada level yang rendah dan Stabil. Pencapaian inflasi yang rendah dan stabil tersebut memerlukan koordinasi lintas instansi, mengingat karakteristik inflasi di Maluku masih sangat rentan dipengaruhi oleh faktor dari sisi suplai, baik gangguan produksi, distribusi maupun kebijakan pemerintah.

“Program pengaturan pola tanam cabai ini, merupakan bentuk sinergi yang dilakukan antara Departemen Pengembangan UMKM Kantor Pusat BI dengan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku dan pemerintah daerah,”kata Bambang Pramasudi,Kepala Perwakilan BI Maluku.

Sosialisasi BI 2Pelaksanaan acara ini lanjut Pramasudi,merupakan cerminan kerjasama pengendalian stabilitas harga dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang selama ini terjalin baik antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Daerah, serta stakeholders terkait lainnya.

“Program pengaturan pola tanam cabai memiliki tujuan yaitu menjaga agar produksi cabai merah bisa merata sepanjang tahun. Kendati Maluku memiliki ketersediaan komoditas yang mampu mencukupi kebutuhan dan konsumsi dalam daerah, namun gejolak harga seringkali tetap terjadi. Pada saat-saat tertentu, khususnya pada musim hujan, panen cabai kurang bagus sehingga menjadikan produksinya pada masa-masa tertentu kurang dari kebutuhan atau konsumsi. Pada saat ini pula, gejolak dan fluktuasi harga cabai sulit dihindari,”tambahnya.

Dalam sosialisasi tersebut, turut hadir sebagai narasumber diantaranya adalah Amdani, Asisten Direktur Departemen Pengembangan UMKM Kantor Pusat BI, Dinas Pertanian Provinsi Maluku dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian
(BPTP) Maluku. Acara tersebut juga dihadiri Oleh berbagai kalangan, diantaranya anggota kelompok petani binaan BI dan Dinas Pertanian, Bappeda Provinsi Maluku, Biro Perekonomian Daerah, SKPD Provinsi maupun SKPD Kota, BPS Provinsi Maluku, serta akademisi dan media.

Program pengaturan pola tanam Cabai juga merupakan upaya BI mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Tanam Cabai Musim Kemarau atau GTCK. Selama tahun 2015-2016, BI telah menerapkan GTCK di 4 (empat) wilayah klaster binaan BI, yaitu Kab. Sinjai bekerja sama dengan KPW BI Prov. Sulawesi Selatan, Kab. Bangka bekerja sama dengan KPW BI Prov. Bangka Belitung,kab.Jember bekerjasama dengan KPw BI Jember serta Kab.Lombok Timur dan Kab.Bima,bekerjasama dengan KPw BI Prov.NTB.Selain itu,terdapat pula empat wilayah pengembangan GTCK lainnya oleh Kementerian Pertanian dengan dukungan BI,yaitu pada Kab.Ciamis,Kab.Kupang,Kota Pontianak dan Kota Ternate. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top