Militer

Dirlantas Polda Maluku Gelar Rapat Koordinasi Antisipasi Lalu Lintas Jelang Rahmadan

rapat lantas

Ambon,Maluku- Dalam rangka membicarakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) untuk mengantisipasi kemacetan serta mengurangi tingkat kecelakan jelang Bulan Suci Rahmadan, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Maluku menggelar rapat koordinasi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2017, yang dihadiri para personel Dit Lantas, Dinas lalu lintas dan angkutan jalan raya (DLLAJ) Kota Ambon, Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja Provinsi Maluku, serta stakeholder yang berlangsung di Aula Ditlantas Polda Maluku, (23/03).

Dirlantas Polda Maluku Kombes Pol. Heru Trisasono, S.IK saat ditemui INTIM NEWS di Mapolda Maluku, Rabu (24/05) mengatakan, rapat koordinasi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2017 yang dilakukan oleh Dirlantas Polda Maluku dengan melibatkan Dinas lalu lintas dan angkutan jalan raya (DLLAJ) Kota Ambon, Dinas Perhubungan Provinsi Maluku dan Jasa Raharja Provinsi Maluku adalah untuk membicarakan kesiapan penanganan lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan pada titik-titik tertentu yang dapat menimbulkan kemacetan, bahkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas jelang persiapan Bulan Suci Rahmadan.

“Sebelum dilaksanakan kegiatan tersebut terlebih dahulu dilaksanakan survei bersama di tempat-tempat yang menjadi perhatian forum Lantas. Karena ditempat tersebut menjadi pergerakan masyarakat yang terutama pada titik-titik yang menimbulkan kemacetan, bahkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” jelas Dirlantas Polda Maluku.

Dikatakanya selain melaksanakan survei, forum juga melaksanakan pelatihan bersama pasca kecelakaan yang melibatkan seluruh instansi terkait, hal ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kecepatan anggota dilapangan penanganan situasi secara darurat yang membutuhkan pertolongan yang terutama dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, seperti jalur Seram Bagian Barat (SBB), Masohi dan jalur Seram Bagian Timut (SBT).

” Selain pengecekan jalur yang dianggap rawan kecelakaan Lalin, maka juga melaksanakan kegiatan pengecekan terhadap Ranmor Roda dua dan Ranmor Roda empat apakah masih layak ranmor tesebut digunakan oleh pengendara,” ungkapnya.

Menurutnya berdasarkan kesepakatan bersama dalam rapat koordinasi yang digelar di Aula Ditlantas Polda Maluku, Selasa (23/03) kemarin telah dibagi tugaskan kepada setiap Dinas terkait yang membantu Dirlantas Polda Maluku dalam pengaturan lalu lintas jelang bulan suci rahmadan.

” Untuk Dinas Perhubungan Kota Ambon memiliki tugas untuk melaksanakan pengecekan dan pengawasan terhadap transportasi yang laik jalan, hal ini karena Dishub Kota Ambon telah memiliki kenderaan uji keliling yang akan digunakan dalam pelaksanaan uji layak Ranmor.

Sedangkan Dinas Balai jalan Nasional, ditugaskan untuk menyiapkan posko-posko lebaran ditempat tertentu. Selain itu akan menginventaris jalan-jalan nasional yang rusak akan dilakukan pembenahan serta membuat Spanduk yang akan dipasang pada jalan-jalan yang rusak tersebut, kemudian mencantumkan nomor telpon yang bisa dihubungi.

“Untuk Jasa Raharja, akan mensosialisasikan kenaikan santunan kecelakaan Lalu Lintas tahun 2017 tanpa menaikan premi. Maka dengan sosialisasi ini agar menyampaikan kepada pihak masyarakat bahwa terwujudnya santunan tersebut dengan diterbitkan laporan Polisi,” tuturnya. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top