Maluku Tengah

Di Malteng Sekolah Termakan Usia dan Diabaikan Pemerintah

sekolah

MASOHI,MALUKU- Berdasarkan hasil penelusuran INTIM NEWS di negeri Ouw Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah baru-baru ini, kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) I Ouw, kini tidak layak pakai guna pelaksanaan proses belajar mengajar, karena sekolah tersebut sudah semakin rapuh akibat termakan usia.

Dari keterangan beberapa warga dan tokoh masyarakat di sana, disebutkan kalau SDN 1 Ouw didirikan oleh masyarakat negeri secara swadaya sejak tahun 1967. Pendirian sekolah itu, menggunakan sisa kayu pembangunan gedung Gereja negeri Ouw. Dinding terbuat dari bahan bangunan berupa batu kapur yang di bakar oleh masyarakat.

sd ow2Mirisnya, sejak pendirian SDN tersebut hingga kini, belum ada perhatian serius dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah.

“Sejak tahun 1967 sekolah ini di bangun, diperkirakan sampai saat ini hanya dua kali di perbaiki oleh Pemda Malteng. Namun semenjak tahun 2010 hingga tahun 2017, ini tidak ada lagi perhatian serius pemerintah. Sehingga kami masyarakat maupun orang tua murid, berinisiatif menunjang proses belajar mengajar dan peningkatan mutu pendidikan dengan cara swadaya. Melalui perbaikan bangunan tersebut seperti perbaikan dinding, jendela, pintu hingga penggantian beberapa atap yang sudah hancur serta membuat mobiler sederhana,” terang Christian Sapteno, salah satu pemerhati pendidikan di Maluku juga sebagai anak negeri Ouw.

Kami tambahnya, melakukan ini pada tahun 2016, namun tidak bisa di pungkiri kalau sekolah tersebut tidak bisa bertahan lama karena tiang-tiang maupun dinding bangunan tersebut sudah termakan usia sehingga kemungkinan besar, sekolah ini hanya bisa di gunakan satu sampai dua tahun ke depan.

sekolah ow1“Kami masyarakat maupun orang tua murid dan pemerintah negeri Ouw saat ini, sangat mengharapkan perhatian serius dari pemerintah, untuk bisa mengambil langkah guna membangun sekolah tersebut. Kami yakin, kalau SDN 1 Ouw ini sudah di lakukan pembangunan yang baru maka pastinya mutu pendidikan di negeri Ouw ini bisa mengalami peningkatan yang signifikan.Bahkan, terjadi kemajuan dunia pendidikan di daerah ini sesuai visi dan misi pemerintah yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkesinambungan,”harapnya.

Guna menjawab tantangan pembangunan nasional saat ini di bidang pendidikan sesuai dengan visi dan misi pemerintah baik di tingkat pusat maupun provinsi dan kabupaten/kota maka peran pemerintah terhadap implementasi pendidikan itu sangat penting. Pengembangan mutu pendidikan tersebut, bukan saja melalui berbagai kurikulum yang di laksanakan tetapi juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas guru dan peningkatan sarana maupun prasarana yang memadai. Merujuk dari masalah SDN I Ouw, harus menjawab tantangan pendidikan tersebut. Karena, sangat di harapkan perhatian pemerintah terhadap kebutuhan pendidikan di setiap daerah baik di perkotaan hingga di daerah/ pelosok terpencil. (IN-18)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top