Militer

Dari Perpustakaan, Brigpol Hurulean Bertemu Presiden

18279922_1449724658384150_1053573465_n
Perpustakaan yang didirikan Brigpol Arthur Hurulean

Ambon,Maluku- Tugas dan tanggung jawab selaku seorang abdi Negara, Anggota Kepolisian RI (Polri) diseluruh Indonesia dituntut untuk mampu menjadi contoh dan teladan ditengah-tengah masyarakat sebagai Bhayangkara pelindung dan pengayom masyarakat. Menjadi sebuah kebanggaan seorang anggota Polri apabila tugas dan tanggung jawab yang diembannya dapat membawa nama baik bagi institusi Tribrata Polri. Hal inilah yang dilakukan oleh salah seorang anggota Kepolisian Resort Maluku Tenggara (Polres-Malra) BRIGPOL Arthur Hurulean yang ditugaskan selaku Bhayangkara Pembina Kamtibmas dan sebagai seorang single action dilapangan,dirinya mampu mendirikan sebuah Perpustakaan yang berlokasi di pasar Langgur ,Ohoi (Desa) Langgur, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara.

Kabid Humas Polda Maluku AKBP Abner Ronal Tatuh kepada kepada INTIM NEWS, mengatakan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh BRIGPOL Arhtur Hurulean patut diteladani dan dicontohi oleh seluruh jajaran anggota Polri yang ada Indonesia. Bahwasanya dari kegiatan pembangunan perpustakaan desa yang dibangun oleh BRIGPOL Arhtur Hurulean dilokasi Pasar Langgur, dapat mengantarnya sampai ke Markas Kepolisian RI (Mabes Polri) dan ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

“Brigpol Arthur Hurulean, lewat karya dan kerjanya mendapat penghargaan dari pimpinan Polri dalam hal ini Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. H.M. Tito Karnavian,M.A. Ph.d, hari ini Arthur diundang ke Mabes Polri untuk bertemu langsung dengan pimpinan tertinggi Polri tersebut, selanjutnya pada tanggal 2 Mei 2017 nanti Arthur juga diundang ke Istana Negara untuk bertemu langsung dengan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo,” ucap Kabid Humas Polda Maluku AKBP Abner Ronal Tatuh kepada kepada Intim, Senin (1/5)

Menurutnya, sebagai seorang Bhabinkamtibmas, yang mengemban tugas sebagai seorang single action dilapangan, Arthur betul-betul mampu untuk menjabarkan setiap kebijakan pimpinan Polri, untuk mewujudkan postur seorang anggota Polri yang ‘Promoter’, hal ini terlihat dari inovasi-inovasi yang berhasil Arthur ciptakan.

“Adapun inovasi-inovasi yang berhasil diciptakan oleh Brigpol Arthur tersebut diantaranya, secara swadaya mendirikan sebuah Perpustakaan yang berlokasi dipasar Langgur, dimana perpustakaan ini sangat bermanfaat bagi para pelajar disekitar lokasi tersebut karena dapat membantu para pelajar saat menyelesaikan tugas-tugas sekolah mereka, hal ini terlihat hampir setiap hari perpustakaan tersebut dipenuhi oleh para pelajar,” ungkapnya

Ditambahkannya, Hurulean juga membuat tempat pangkas rambut gratis khusus untuk pelajar yang berada dilokasi yang sama dengan perpustakaan mini tersebut.

“Kedua inovasi tersebut betul-betul sangat dirasakan manfaatnya bukan saja oleh para pelajar namun juga oleh orang tua maupun para guru sekolah dimana para pelajar tersebut sekolah,” katanya.

Dikatakannya selain inovasi-inovasi tersebut, Brigpol Arthur Hurulean benar – benar menjiwai tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Bhabinkamtibmas, hal ini terlihat dari sepak terjangnya bersama-sama masyarakat disekitar Desa Ohoi – Langgur yang membersihkan semak belukar yang menghalangi jalur jalan menuju Dusun Ohoiluk, mengeringkan genangan air yang menggenangi ruas jalan umum dan mengganggu aktifitas masyarakat, bersinergi dengan Satpol PP dan pam swakarsa lainnya untuk bersama-sama menjaga keamanan disekitar Desa Ohoi-langgur, dan masih banyak lagi dimana semuanya itu selalu mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat.

” Sepintas tentang Brigpol Arthur Hurulean, seorang Bhabinkamtibmas dari Polres Maluku Tenggara, yang bertugas di Desa Ohoi-Langgur, bahwa yang bersangkutan sebelum menjadi seorang Bhabinkamtibmas juga merupakan seorang Trainer Ham dan Polmas Polda Maluku yang direkrut oleh IOM ( International Organisation for migration ), yang mengikuti pelatihan TOT Ham dan Polmas selama 3 minggu di SPN Polda Maluku pada tahun 2014 bersama 12 rekan lainnya dibawah asuhan Kombes Pol. Purnawirawan Pengasihan Gaut dan Trainer Nasional ( AKBP Yulita Rahayaan & Kompol Sri Bhayakari). Adapun tujuan dari pelatihan TOT Ham dan Polmas tersebut adalah untuk menciptakan Trainer-trainer yang akan melatih sebanyak 1800 bhabinkamtibmas di Polda Maluku sebagai salah satu program kerjasama tahap III antara POLRI – IOM,” tandasnya

Dikatakanya, jadi setelah Hurulean ditugaskan sebagai seorang Bhabinkamtibmas maka Hurulean benar-benar mengaplikasikan ilmu yang pernah dia pelajari dan dia ajarkan kepada 1800 bhabinkamtibmas tersebut, dan membawa dampak yang positif baik kepada masyarakat maupun kepada institusi Polri, hal ini seharusnya menjadi pelajaran berharga dan dapat memotivasi para Bhabinkamtibmas yang ada di Polda Maluku khususnya untuk dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat, institusi maupun bangsa dan Negara. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top