Seram Bagian Barat

Banjir Genangi Puluhan Rumah di Desa Nuruwe SBB

banjir

SBB,Maluku- Hujan lebat yang mengguyur Seram Bagian Barat selama dua jam, Minggu (28/5) malam menyebabkan sejumlah pemukiman warga desa Nuruwe, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat langsung terendam banjir.

Banjir mulai terjadi di beberapa lokasi di Kab. SBB Salah satunya di desa Nuruwe, Kecamatan Kairatu Barat. Tak hanya di pemukiman warga jalan menuju kawasan Perumnas desa Nuruwe pun tergenang air.Sistem drainase yangburuk di daerah itu, memperparah genangan air. Tak tanggung tanggung, air yang menggenangi rumah rumah warga, dapat mencapai lutut orang dewasa.

“Kami di disini sudah ada yang mau bersiap siap mengungsi karena banjir semakin meninggi, jika hujan kembali terjadi maka kami para warga akan mengungsi, baru dua jam saja sudah puluhan pemukiman kami yang tergenang ”kata Sony Renyaan salah satu warga Nuruwe kepada Intim News, Minggu (28/5).

Itensitas hujan dan debet air hujan yang tinggi serta buruknya system drainase di kawasan itu, menjadi penyebab genangan air di rumah rumah warga.

Parahnya kendati telah menjadi langganan banjir tiap musim penghujan tiba, Pemerintah setempat seakan menutup mata melihat kondisi yang ada.

“Pemerintah daerah harus membuat saluran air lebih tinggi lagi dari yang sekarang ini, jika tidak di perbaiki maka setiap hujan kami selalu khawatir dan merasa tidak nyaman, “ ungkapnya.

Selain Sony, warga lainnya Idris, mengaku selain keluarganya, beberapa tetangganya juga akan mengungsi jika hujan deras kembali mengguyur.

“ Jelasnya kami akan lebih waspada jika turun hujan. Mungkin amlam ini kami akan ke tempat yang aman jika hujan belum juga reda, “ tuturnya.

Hingga berita ini dipublikasikan, hujan masih tetap mengguyur dan puluhan rumah masih tergenang air. (IN-13)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top