Ekonomi

15 BANK DI KOTA AMBON SIAP LAYANI PENUKARAN UANG

Bank BI

AMBON,MALUKU- Layanan  penukaran  uang  masyarakat  memang  terus  digalakan  oleh  pihak  Bank Indonesia  sebagai  pusatnya semua bank. Di kota Ambon  pelayanan  penukaran uang  kali  ini  dipersiapkan oleh  15 bank di Kota Ambon. Dengan  tujuan  yakni berkomitmen dan bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk melayani  penukaran  uang  kepada  masyarakat.

“Kami, Bank Indonesia  sudah  berkomitmen  yang  ditunjukkan  dengan  penandatanganan  nota kesepahaman saat ini di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku,” jelas Bambang Pramasudi, Kepala BI Perwakilan Maluku, di kantor  BI Maluku (12/05).

Adapun  bank  yang  berpartisipasi  antara  lain  Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank  Tabungan  Negara (BTN), Bank Daerah  Maluku dan Malut, Bank Mayora, Bank Mayapada, National Nobu Bank, Bank Artha Graha, Bank Danamon, Maybank Indonesia, Bank Panin, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, dan Bank Sinarmas.

Menurutnya, dengan dibukanya layanan penukaran uang pada bank, semakin memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pecahan uang yang diinginkan.

“Layanan penukaran uang di bank masing-masing, dengan pecahan Rp. 20.000; kebawah  yaitu  Uang kertas : Rp. 20.000, Rp. 10.000, Rp. 5.000, Rp. 2.000, Rp. 1.000 dan Uang Logam : Rp. 1.000, Rp. 500, Rp. 200, dan Rp. 100) berlaku untuk semua masyarakat di Kota Ambon,  tidak terbatas pada nasabah bank terkait. Setiap hari kerja, paling tidak terdapat 3 hingga 4 Bank yang membuka layanan penukaran uang dengan jadwal sebagaimana terlampir yang akan efektif berlaku sejak hari Senin tanggal 22 Mei 2017,”Tutur Pramasudi.

Tambahnya  lagi  bahwa kerjasama layanan penukaran uang oleh  perbankan ini ditujukan untuk memperkuat kualitas peredaran uang di Kota Ambon. Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku memang berkomitmen untuk menjamin ketersediaan rupiah di seluruh Provinsi Maluku dalam jumlah yang cukup. Dengan  memperhatikan pecahan yang sesuai, dan kualitas yang layak edar serta sebagai layanan kebutuhan menjelang hari raya keagamaan seperti  Lebaran. “Kerjasama layanan penukaran uang ini ditujukan untuk menjawab terus meningkatnya kebutuhan  berbagai  pecahaan uang di masyarakat. Selain itu, kerjasama ini akan memperkuat perwujudan dari clean money policy, yakni  untuk menarik uang lusuh yang beredar di masyarakat dan ditukar dengan uang layak edar,  dengan memperkuat sirkulasi  uang  layak  edar,” tutupnya.

Dari hasil kesepakatan antara perbankan  maka  disepakati  bahwa  jadwal layanan penukaran uang sebagai berikut, untuk hari senin  yang  melayani  penukaran  uang  adalah  Bank BTN, BSM, dan Bank Artha Graha. Sedangkan  untuk hari selasa pihak  bank  yang  bertanggungjawab  adalah  BRI, Bank Danamon, Bank Mayora dan Bank Muamalat. Untuk rabu yang  melayani adalah Bank Maluku Malut, Bank Mayapada, Bank Sinarmas dan Maybank. Dan  untuk  pelayanan  hari  terakhir  yakni  hari  kamis diberikan oleh  Bank Mandiri, BNI, Bank Panin dan Bank Nobu. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top