Militer

Wakapolda Maluku Ingatkan Orang Tua Casis Hindari Calo Penerimaan Polri 2017

18009623_1435289476494335_342295681_n

Ambon,Maluku- Sesuai Keputusan Kapolri nomor : Kep/186/II/2017, tanggal 20 Februari 2017 tentang penerimaan Taruna Akpol T.A 2017. Keputusan Kapolri nomor : Kep/187/II/2017, tanggal 20 Februari 2017, tentang Penerimaan Bintara Polri T.A 2017. Dan Keputusan Kapolri Nomor : Kep/188/II/2017, tanggal 20 Februari 2017 tentang Penerimaan Tamtama Polri.

Demikian Pointer Kapolda Maluku Brigjen Pol. Drs.Ilham Salahudin, SH.M.Hum, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Waka Polda Maluku Kombes Pol. Drs. Musa Ginting, pada pelaksanaan Pakta Integritas Penerimaan Calon Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri T.A 2017, berlangsung di Gedung Islamic Centre Waihaong Ambon, menjelaskan bahwa pelaksanaan penandatanganan Pakta Integritas mengacu pada SOP setiap tahapan seleksi, adapun yang dimaksud dengan prinsip- prinsip seleksi adalah bersih ,tidak ada celah sedikit apa pun bagi Panitia, Pejabat, Calon dan Keluarga Calon untuk melaksanakan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

” Transparan ialah, pelaksanaan tahapan seleksi yang dilaksanakan secara terbuka dan sudah berlakunya sistem One Day Service dengan membuka diri terhadap pengawas Internal dan Eksternal. Untuk akuntabel yakni, seluruh pelaksanaan hasil rekruitmen dan seleksi dapat dipertanggungjawabkan secara Vertikal maupun Horizontal. Juga humanis, memperlakukan calon siswa Polri T.A 2017 sebagai warga Negara yang perlu dilayani dengan baik dan penuh kasih sayang selama mengikuti seleksi, ungkap Kombes Pol. Drs. Musa Ginting kepada INTIM NEWS, Selasa (18/4).

Dikatakan bahwa Kapolda Maluku menghimbau khususnya bagi Calon yang dalam proses penerimaan ‘Tidak dipungut biaya apapun’, Jangan percaya bujuk rayu orang lain untuk membantu kelulusan anda menjadi Polisi. Jika ada janji-janji akan membantu kelulusan dengan meminta Imbalan Uang itu adalah ‘CALO’ yang tidak bisa dipertanggung jawabkan dan itu merupakan penipuan (Pasal 378 KUHP).

“Untuk itu percaya kepada Kemampuan diri sendiri, anda lulus karena kerja keras anda sendiri,serta anda lulus karena doa orang-orang terdekat anda, anda lulus karena seijin Tuhan. Apabila Calon Siswa yang dinyatakan lulus dihimbau agar tetap menjaga mental kepribadian mengingat pengalaman tahun lalu terdapat peserta didik yang melakukan pelanggaran di Lembaga Pendidikan yang pada akhirnya akan merugikan peserta sendiri,” tandasnya.

Ditambahkannya selain himbauan kepada para Calon Siswa (Casis), Kapolda Maluku juga menghimbau kepada orang tua casis agar sebagai orang tua untuk tidak mempercayai orang lain (Calo) yang dapat membantu kelulusan dengan meminta imbalan dan apabila ada seperti itu agar dicatat Identitasnya dan melaporkan kepada Panitia (Karo SDM Polda Maluku).

“Kapolda selaku Ketua Panda, Waka Polda selaku Wakil Ketua Panda, Karo SDM selaku Ketua Pelaksana, menghimbau kepada para orang tua calon siswa Polri tahun 2017 untuk tidak percaya kepada orang yang dengan imbalan uanga atau yang lainnya, jangan percaya dengan bujuk rayu para calo,penerimaan Polri tahun 2017 adalah benar-benar murni tanpa dipungut biaya sepeser pun dari para casis,”ucapnya.

Sementara itu Karo SDM Polda Maluku Kombes Pol. Harvin Raslin, SiK, dalam pointer awalnya antara lain menyatakan bahwa dalam pelaksanaan penerimaan Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri T.A 2017 ini dilaksanakan secara serentak secara terintegritas sesuai Keputusan Kapolri tersebut.

“Untuk itu pembukaan pendaftaran dilaksanakan tanggal 14 Maret s/d 15 April 2017, dilaksanakan rikmin yang akan dilaksanakan tanggal 18 s/d 22 April 2017,” jelasnya. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top