Seram Bagian Timur

Tahapan Pilgub Maluku, KPU SBT Tunggu PKPU

KPU SBT

Bula,Maluku- Proses tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku tahun 2018 hingga kini belum diputuskan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) saat ini masih menunggu putusan resmi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia yang akan disampaikan melalui KPU provinsi Maluku. Meski begitu, KPU SBT menyatakan siap melaksanakan seluruh rakaian tahapan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu. Hal ini disampaikan ketua KPU SBT, Junaidi Mahad saat ditemui wartawan diruang kerjanya Selasa, (18/4).

“Sampai saat ini KPU kabupaten SBT belum mendapatkan informasi soal tahapan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur tapi pada prinsipnya KPU SBT sudah tentu siap melaksanakan, karna suksesnya KPU Provinsi adalah merupakan suksesnya KPU Kabupaten/Kota, begitu juga suksesnya KPU Provinsi adalah suksesnya KPU Kabupaten/Kota,“ ungkap Mahad.

Dikatakan, sebelum melaksanakan tahapan, KPU terlebih dulu akan menggelar Pra tahapan untuk memastikan kesiapan seluruh divisi organisasi yang ada dalam internal KPU. Untuk memastikan itu, divisi yang berada dalam internal KPU menunggu petunjuk teknis yang disampaikan dalam Peraturan KPU.

“Berhubungan dengan tahapan dan Pra tahapan ini KPU Kabupaten menunggu instruksi sekaligus PKPU yang akan disampaikan oleh KPU Provinsi. Tapi pasti sudah tentu Pra tahapannya dilaksanakan di bulan Juni dan kemungkinan tahapannya ada di bulan Juli sambil KPU kabupaten/kota menunggu peraturan KPU RI yang akan disampaikan melalui KPU provinsi,“ jelas dia.

Selain itu, petunjuk teknis yang dituangkan dalam PKPU, KPU juga akan melakukan sosialisasi tentang teknis pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada). Sosialisasi akan tersebut akan melibatkan seluruh divisi di KPU.

“Sudah tentu akan ada petunjuk-petunjuk teknis, pemanggilan masing-masing divisi untuk sosialisasi yang berhubungan dengan data, teknis atau logistik dan SDM, “ungkapnya.

Kata dia, komsi pemilihan umum kabupaten SBT saat ini sedang melakukan pembenahan dalam struktur organisasi. Selain itu, KPU SBT juga sedang mempercepat kesiapan sejumlah fasilitas untuk membantu tugas-tugas KPU. Diantaranya adalah Media center dan rumah pintar pemilih bagi pemilih pemula. Rumah pintar pemilih KPU SBT akan dipersiapkan untuk menjadi sampel bagi KPU di 11 kabupaten/kota di Maluku.

“Kita akan berusaha menjadi rujukan KPU di 11 kabupaten/kota. Karna KPU Provinsi memberikan tanggungjawab kepada KPU SBT menjadi sampel rumah pintar pemilih untuk KPU lain di 11 kabupaten/kota di Maluku, “katanya.

Mantan komisioner KPU SBT divisi logistik ini juga menapik sejmulah isu yang beredar dikalangan masyarakat SBT. Dia memastikan KPU akan berpegang teguh pada nilai-nilai independensi dan tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

“Berhubungan dengan dinamika yang terjadi dikalangan masyarakat SBT, saya mau tegaskan, KPU pada prinsipnya adalah lembaga independen yang kemudian juga akan meminta masukan dari stakeholder lain. Tidak bisa diintervensi, “tegasnya. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top