Maluku Tenggara Barat

Sore ini, DKPP Sidang Perdana Kasus Pilkada MTB

dkpp

Ambon,Maluku- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu hari ini, Kamis (20/4) pukul 15.00 WIT akan menyelenggarakan sidang perdana pengaduan Lodwyk Wessy , Elia R Sianressy , Deni F Sianressy ,Horatio N Sianressy (Kuasa dari Dharma Oratmangun dan Markus Faraknimella) dengan nomor perkara : No. 67/DKPP-PKE-VI/2017.

Pihak pemohon mengadukan, Yohana Lololuan, Paulus Jambormias, Hendrikus Serin, Petrus R. Lartutul,Marthen Kanikir (Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Maluku Tenggara Barat) dan Gerson Lambiombir, Heri Lerebulan, Tomas Wakono ( Ketua dan Anggota Panwaslih Kabupaten Maluku Tenggara Barat).

Adapun pokok perkara yang diadukan yakni pihak KPU MTB mencetak surat suara melebihi ketentuan 2,5% dari jumlah pemilih dalam DPT, Yohana Lololuan dan Petrus R. Lartutul memerintahkan KPPS TPS IV Desa Olilit untuk menghentikan pemungutan suara dan melarang pemilih yang datang membawa KTP nasional, KK, dan Surat Keterangan Kepala Desa untuk menggunakan hak pilih, Yohana Lololuan (Ketua KPUD MTB) dan Marthen Kanikir (Anggota KPUD MTB) bertanggung jawab atas tindakan PPS yang tidak mengumumkan DPT di tempat umum.

Tak hanya itu, dalam pokok perkara yang diadukan, Hendrikus Serin (Anggota KPUD MTB) diduga masih terlibat dalam kepengurusan DPC Partai Demokrat Kabupaten Maluku Tenggara Barat periode 2012-2017. Dalam aduannya, Ketua dan Komisioner KPUD MTB juga diduga tidak menindaklanjuti Rekomendasi Panwaslih Kabupaten MTB Nomor 074, 075, dan 076 tanggal 20 Februari 2017.

Sementara pihak pemohon dalam pokok perkara menuding Panwaslih MTB tidak memberikan rekomendasi kepada Polres MTB untuk melakukan proses hukum terhadap komisioner KPUD MTB atas penolakan menindaklanjuti rekomendasi Panwaslih Kabupaten MTB. Pihak Panwaslih MTB juga dituding tidak menindaklanjuti Laporan Pengaduan Nomor 06/LP/Pilbup/II/2017 dan Nomor 08/LP/Pilbup/II/2017. Sidang perdana DKPP ini dilaksanakan di Kantor Bawaslu Provinsi Maluku sore ini. (IN-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top