Pendidikan

SMK KESEHATAN AL WATHAN PRAKTEK KLINIK DI RUMKITAL dr. F.X. SUHARDJO

18052020_1866429023619502_2121286775_o

AMBON,MALUKU- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Al Wathan Gunung Malintang Ambon, melaksanakan praktek klinik di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr.F.X. Suhardo Lantamal IX,Kamis (20/04).

Berdasarkan release Dinas Penerangan (Dispen) Lantamal IX kepada INTIM NEWS, para siswa menerima materi perawatan kesehatan umum klinik diantaranya dasar – dasar keperawatan (perawatan dasar tidak langsung dan langsung terbatas) dan Wajib hadir di dalam pertolongan persalinan. Bertindak selaku instruktur Lettu Laut (K) Agus Wijaya. Dijelaskan oleh Wijaya, Keperawatan mempunyai tujuan yang jelas melalui suatu tahapan dalam meningkatkan kualitas asuhan Keperawatan kepada pasien.

“Keperawatan dibagi menjadi dua yakni perawatan dasar tidak langsung dan perawatan langsung terbatas. Dimana, masing – masing keperawatan membutuhkan tindakan yang berurutan, dilakukan secara sistematik, untuk menentukan masalah pasien, membuat perencanaan untuk mengatasinya dan mengevaluasi keberhasilan secara efektif terhadap masalah yang diatasinya,”ucapnya.

Selain itu, Dirinya menerangkan bahwa perawat harus wajib hadir didalam pertolongan persalinan. Karena, dalam suatu persalinan banyak dibutuhkan suatu persiapan dan perawatan yang sangat baik dari ibu agar dapat melakukan persalinan yang lancar begitu juga bagi keluarga. Menurutnya,sangatlah penting dilaksanakan penyuluhan bagi ibu bersalin dalam upaya mengatasi masalah yang berhubungan dengan persalinan serta faktor yang mempengaruhinya. Informasi yang diberikan akan menggantikan ketidaktahuan ataupun memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perubahan-perubahan yang mempengaruhi fisik maupun psikologisnya. Lewat praktek tersebut,Diharapkan siswa dapat menerima materi dengan baik. Karena, hal ini sangatlah penting untuk bekal dasar dan pelaksanaan praktek kepada pasien yang sesungguhnya. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top