Maluku

Rohani Vanath Sebut Alasan Polda Maluku Naik Status ke Tipe A

Rohani Vanath

AMBON,MALUKU- Anggota Komisi III DPR RI asal Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku, Rohani Vanath mengaku, kondisi geografis  adalah salah satu faktor yang mana di Provinsi Maluku  terdiri dari kepulauan, menjadi alasan kenaikan status Polda Maluku dari tipe  B ke tipe A.

“Karena kondisi geografis yang luas itulah, maka otomatis membutuhkan tindakan yang cepat dan tegas dari aparat Kepolisian, untuk menangani persoalan-persoalan yang terjadi pada masyarakat Maluku. Belum lagi, kita lihat polsek yang membawahi beberapa kecamatan,” kata Rohani kepada wartawan, di Gedung Islamic Center, Rabu (5/4).

Menurutnya, jika dilirik dari SDM ,kenaikan status dari tipe B ke A  maka akan bisa membuka ruang kepada pihak Polda Maluku untuk meningkatkan kinerjanya.

“Nah, Saya rasa dengan adanya peningkatan status ini, maka bisa merekrut SDM yang ada di Maluku. Terkhusus, adik-adik kita, putra-putri Maluku yang bercita-cita menjadi polisi, akan terbuka luas. Ini dikarenakan, pemintaan untuk menjadi anggota polisi lebih banyak, namun tentunya dengan potensi SDM yang mumpuni,” kata Rohani.

Dirinya berharap, aparat kepolisian bersikap netral. Berpihak kepada yang benar,apalagi jika masyarakat yang memang membutuhkan keadilan.

Alasan naik status terkait luasnya bentangan Maluku yang luar biasa,juga disampaikan oleh Kakor Brimob Murad Ismail. Pasalnya, Maluku berbatasan dengan tiga negara diantaranya, Papua Nugini, Australia dan Timor Leste.

Disinggung terkait seleksi penerimaan calon anggota Polisi, Murad menegaskan bahwa catatan Wakapolri, perekrutan baik calon bintara dan perwira Polri dalam kuota penerimaan di Maluku diperbanyak,termasuk daerah lain yang masuk kawasan Indonesia Timur.

Untuk diketahui, bersamaan dengan Maluku, Polda Sumatera Barat dan NTT juga naik status dari tipe B ke tipe A. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top