Militer

Masduki,Peningkatan Inkam Masyarakat Maluku Melalui Objek Wisata

Pulau Pombo1
Ilustrasi Pembersihan pulau Pombo,Maluku

Ambon,Maluku- Karya Bahkti Kodam XVI Pattimura melalui pembersihan pantai Pulau Pombo sebagai objek wisata yang berlokasi di Kecamatan Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Aksi pembersihan objek wisata pulau Pombo ini diikuti oleh sedikitnya 475 personil dari TNI- Polri. Selain pembersihan pantai oleh TNI-Polri dan Masyarakat Desa Kailolo juga bersama dengan TNI-POLRI menanam anak Pohon Kelapa sebanyak 250. Sebelumnya ditahun 2016 juga pernah dilakukan penananaman 50 pohon Kelapa oleh TNI- Polri dan Masyarakat Kailolo dilokasi Pantai Pulau Pombo.

Turut dalam kegiatan itu, personel Lantamal IX Ambon sebanyak 16 Personil, Personil Brimob Polda Maluku, 23 Personil,350 personila Kodam XVI Pattimura dan Kodim 1504 Ambon.

Kepada wartawan dilokasi pembersihan pantai Pulau Pombo,Kamis (6/04/2017) Kolonel Infanteri Masduki, selaku Perwira Ahli Pangdam XVI/Pattimura Bidang Hukum dan Maniter (Humaniter) Kodam XIV Pattimura mengatakan, kegiatan karya bahkti yang dilakukan oleh Kodam XVI Pattimura yang juga turut melibatkan personil Polda Maluku dan Masyarakat Kailolo merupakan perintah langsung dari Mayjen TNI Doni Monardo selaku Panglima Kodam XVI/ Pattimura, yang mana kegiatan karya bahkti yang dilakukan dalam bentuk pembersihan pantai bertujuan untuk pembersihan pantai dari sampah-sampah plastik.

” Hari ini kita melaksanakan pembersihan Pulau Pombo agar Pulau Pombo ini bersih dari sampah,terutama sampah plastik seperti botol Aqua, sandal jepit plastik-plastik lainnya,yang ada disekitar pantai pulau pombo, hari ini dilaksanakan kerja bahkti bersama antara Prajurit TNI,Polri termasuk masyarakat semuanya bekerja sama dari pagi jam 7 sampai sore,” ucap Kolonel Inf Masduki.

Menurutnya dengan kegiatan pembersihan pantai Pulau Pombo yang dilakukan oleh oleh TNI,Polri dan Masyarakat kedepanya lokasi Pulau Pombo bisa menjadi bersih dan menjadi objek wisata yang menarik baik untuk masyarakat Maluku yang ada disekitar Pulau Pombo maupun Turis dari Manca Negara.

” Pasir pantai pulau pombo yang sangat bagus dan indah yang telah dibersihkan oleh jajaran TNI,Polri dan masyarakat ke depanya bisa untuk menjadi objek wisata asal dikelola dengan baik oleh Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Saya yakin pulau ini dapat mendatangkan wisata dan juga bermanfaat untuk menambah inkam masyarakat,” ungkapnya.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kolonel Infanteri Masduki, Raja Kailolo Rusdi Marasabesi, kepada wartawan dilokasi pembersihan Pantai Pulau Pombo dirinya mengatakan pelaksanaan pembersihan pantai Pulau pombo yang dilakukan oleh TNI- Polri dan Masyarakat Kailolo adalah sebuah wujud kepedulian masyarakat untuk terhadap pelestarian objek-objek wisata yang ada di Maluku khusunya dilokasi Pulau Pombo Kabupaten Maluku Tengah.

” Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah hendaknya lebih peka terhadap lokasi-lokasi wisata diMaluku, pemanfaatan dan pengelolaan objek-objek Wisata bila diperhatikan secara baik dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) disektor Pariwisata Maluku,” ungkap Marasabesi.

Dirinya berharap melalui pelaksanaan pembersihan pantai dan penanaman anakan Pohon Kelapa di Pulau Pombo dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat Maluku untuk lebih menjaga kebersihan dilokasi-lokasi wisata dengan menjaga keasliaan pantai dengan tidak membuang sampah sembarang di Laut maupun dilokasi-lokasi wisata.

Aksi pembersihan pantai Pulau Pombo dipimpin langsung oleh Kolonel Infanteri Masduki, Pa Ahli Bidang Hukum dan Maniter (Humaniter) Kodam XIV Pattimura dan dihadiri oleh Dandim 1504/Ambon,Letnan Kolonel Inf Reinaldo.

Kegiatan pembersihan laut dan penanaman anakan pohon kelapa dilokasi Pulau Pombo Kecamatan Haruku Kabupaten Maluku Tengah ini melibatkan, Batalion Infantri Raider 733/Masariku, Denzipur 5/Cmg, Denkav 5/Blc, Balak Kodam, Kodim 1504/Ambon, Satuan Brimob Polda Maluku, Lantmal IX Ambon dan Masyarakat Kailolo. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top