Maluku Tenggara

Kontingen MTQ Malra Siap Berlomba

Untitled-1
Wakil bupati Maluku Tenggara, Drs. Yunus Serang menyerahkan bedera MTQ kepada ketua kontingen MTQ Maluku Tenggara, Drs. Mohtar Ingratubun

MALRA,MALUKU – Sebanyak 34 Qori dan Qoriah yang tergabung dalam kontingen Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Maluku Tenggara diberangkatkan untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi Maluku Ke-XXVII tahun 2017 di Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

LPTQ sebagai wadah atau lembaga yang membina serta menghasilkan para Qori dan Qoriah terbaik Maluku Tenggara, di samping berkewajiban dalam meningkatkan iman dan taqwa juga di tuntut untuk membekali para Qori dan Qoriah dalam upaya mempercepat terwujudnya masyarakat intelektual yang madani.

Sebagai implementasi LPTQ saatnya menetapkan dan mengembangkan program unggulan yang telah di miliki dengan mengedepankan kecintaan terhadap nilai nilai luhur yang terkandung dalam Al-Quran.

Salah satu bentuk kegiatan untuk mengembangkan kecintaan terhadap nilai nilai luhur Al-Quran, yakni mengikuti kegiatan LPTQ (MTQ) yang diadakan setiap 2 Tahun sekali, dan untuk itu, Kab. Malra telah mempersiapkan 34, (tiga puluh empat) Kafilah terbaik yang mengikuti 14 jenis mata Lomba. Demikian disampaikan Ketua Kontingen MTQ, Kab. Malra, Drs, Mohtar Ingratubun.Msi.

Sementara Wakil Bupati Maluku Tenggara Drs, Yunus Serang, dihadapan kontingen MTQ Malra mengatakan MTQ selain bertujuan untuk memperoleh Qori dan Qoriah terbaik namun juga merupakan bagian dari syiar Agama untuk senantiasa membumikan Al-Quran sebagai pedoman dan pegangan Hidup Umat Manusia. Dalam konteks ini niat yang suci serta motivasi yang tinggi dari seluruh peserta/ Kafilah semata mata hanyalah dalam rangka Syiar Agama. Niat yang suci tersebut yang kemudian di padukan dengan keindahan dan kematangan serta kemampuan membaca Al-Quran akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi siapa saja yang membaca dan yang mendengarkannya. Dengan demikian juara memang menjadi target kita, namun bukanlah satu satunya tujuan mutlak semata, yang utama adalah Syiarnya Agama.

Kab. Maluku Tenggara adalah salah satu kabupaten yang memiliki catatan prestasi di tiap perhelatan MTQ Provinsi Maluku. Sebagai juara umum maupun cabang di mata Lomba beberapa waktu lalu, hal ini menjadi pijakan penting dan motivasi yang kuat bagi seluruh Kafilah untuk bertekad mewujudkan hasil dan prestasi terbaik. Hal yang perlu di garisbawahi dan umumnya menjadi Opini di Masyarakat Maluku pada umumnya bahwa ” Orang Kei adalah Orang Orang yang pandai membaca Al Qur’an” hal ini tentu menjadi Citra positif dan sekaligus menjadi motivasi terbesar untuk menjadi yang terbaik.

MTQ Tingkat Provinsi Maluku yang ke 27, di Namrole jumlah rombongan yang tergabung dalam kontingen berjumlah 107 orang, yang terdiri dari 34 Peserta Lomba, 73 orang pelatih/pendamping/official/tenaga medis, unsur pemerintah daerah serta Orang tua peserta lomba. (Cr-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top