Olahraga

Karateka Lemkari Maluku Raih Emas dan Perunggu di Piala Danjen Kopassus 2017

Kick

Jakarta- Karateka Putri Maluku, Elsy Todingranteh, sukses meraih medali perunggu pada nomor kumite perorangan kelas minus 30 kg di Piala Komandan Jenderal Kopassus Tahun 2017. Kejuaraan Nasional Karate Terbuka memperebutkan piala Danjen Kopassus digelar di Gedung Olahraga Ciracas, Jakarta Timur, 30 Maret hingga 2 April lalu.

Elsy masuk dalam Tim Lembaga Karatedo Indonesia (Lemkari) Gemilang. Sebelumnya, dua karateka Lemkari Gemilang, masing masing Farid di kelas – 61 kg yunior putra dan Philia di kelas -53 kg kumite putri berhasil membopojng emas di kejuaraan ini.

17792389_1310361149000442_1012648553_n’’Ini hasil yang baik, karena Lemkari Gemilang sukses merebut dua emas dan satu perunggu di piala Danjen Kopassus kali ini,’’ ujar Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Lemkari Maluku, Sihan Beny Muskitta, Senin (3/4).

Sebagaimana diberitakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo membuka kejuaraan Karate Open Danjen Kopassus Championship 2017 di GOR Ciracas, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (31/3/17). Kejuaraan karate yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke 65 Kopassus diikuti oleh 103 kontingen dengan jumlah peserta 1.652 orang. Dengan mempertandingkan 75 kelas terbagi dalam 2 kategori, yaitu kategori umum sebanyak 66 kelas (56 kelas perorangan dan 10 kelas beregu) dan kategori TNI/Polri. sebanyak 9 kelas perorangan. Kejuaraan Karate Open Danjen Kopassus Championship 2017 ini memperebutkan total hadiah sebesar 150 juta rupiah.

Ketua Panitia Pelaksana, Kolonel Inf Djon Afriandi menyampaikan, kejuaraan ini diselenggarakan dengan maksud untuk mencari karateka yang berbakat dan berprestasi serta mencari bibit unggul yang akan dipersiapkan sebagai karateka andal dengan menguji kemampuan atlet-atlet potensial. Sasaran kegiatan, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan potensi atlet daerah. Karate Open Danjen Kopassus Championship 2017 mengusung tema “Melalui Kejuaraan Karate Open Danjen Kopassus Championship 2017, Kita Tingkatkan Prestasi dan Potensi Karateka Muda Berbakat”. Sedangkan motto yang diusung adalah “Tunjukan yang terbaik dan Jadilah Sang Juara”.

Pangima TNI selaku Ketua Umum PB FORKI menyampaikan, bahwa olahraga Karate adalah aktivitas yang mengandung nilai-nilai perjuangan, kehormatan, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, sportiivitas, dan percaya pada kekuatan sendiri. Nilai-nilai itu memiliki relevansi dengan nilai kejuangan setiap anak bangsa dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pembinaan kesegaran jasmani, dan tak terkecuali bagi para atlet sebagai komponen penting generasi muda bangsa. Menurut Panglima TNI, seorang atlet karate yang berprestasi atau juara, bukan dilahirkan atau muncul dengan sendirinya. Sang Juara atau Sang Bintang Karateka itu ada karena dicetak dan dipersiapkan melalui pembinaan dan latihan sejak usia dini dan ditempa melalui berbagai jenjang pertandingan kejuaraan.Panglima TNI berharap melalui event ini dapat muncul karateka-karateka Indonesia yang potensial dan dapat meningkatkan prestasi pada tingkat nasional serta mampu mengharumkan Indonesia di kancah internasional. (IN-01/ROS)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top