Lintas Peristiwa

Ini Penyebab Terbakarnya MT Layar Samudera

Korban Kapal Terbakar

Ambon,Maluku- Motor Tanker (MT) Layar Samudera milik PT Bumi Laut yang tengah dalam kondisi Offhire mengalami kebakaran hebat diarea labuh Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Wayame- Ambon.

Kronologi kejadian yang berhasil dihimpun INTIM NEWS, Sabtu (22/4) MT Layar Samudera dengan nominasi premium 4800 Kl, Pertamax 2700 KL, berlabuh di TBBM Wayame guna  mengisi bahan bakar untuk selanjutnya menuju Jayapura dan Biak.

Pada 14 April, saat mengisi bahan bakar jenis Pertamax dan Premium, terjadilah kebocoran pada Valve tidak kedap di line Pompa Nomor 1 yang sedang diperbaiki.

Akhirnya Premium yang diisi masuk ke ruang pompa (pump room) dan ruang mesin (engine room).

Baca juga : Kapal Tengker Layar Samudra Terbakar di Teluk Ambon

Sekitar pukul 16.36 WIT (14/4) kapal langsung menghentikan pengisian BBM. Kapal dimatikan (black out) karena ruang mesin (engine room) sudah tergenang BBM Premium.

Kapal lepas tambat dan berlabuh untuk perbaikan (Off Hire) dengan muatan cargo sekitar 1000 kl premium dan pertamax 1000 kl.

Nahas, Jumat (21/4) sekitar pukul 16.40 WIT kapal terbakar dengan korban lebih dari 7 orang.

Adapun nama nama korban terbakarnya MT Layar Samudera yakni Sarbini (Kapten Kapal ), Karya Budaya (SIOP Engineering), Rahmat, Ibrahim Cleaning Officer (CO), Hendra (OL), kelima korban dibawa ke RS dr. Haulussy Ambon untuk perawatan medis. Sedangkan 2 korban yang dirawat di Rumah Sakit Sumber Hidup (GPM) yakni Darwis, dan Yayat.

ABK yang berhasil selamat dari peristiwa terbakarnya MT Layar Samudera yakni Muhammad Bagus, Yusuf, Nursalim, Rismon , Rosikin, Muharim, Sukri, Melki. (IN-01/IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top