Militer

Ingin Cerdas, Ini Kiat Pangdam XVI/PTM

750x500-emas-hijau-dan-emas-biru-cara-kodam-xvi-pattimura-kelola-sda-maluku--1703035
Doni Munardo

Ambon, Maluku – Maluku yang kaya akan sumber daya alam bahari, sangat memberikan keuntungan baik dari sumber daya alam, maupun sumber daya manusia.

Saat awal kemerdekaan, tak jarang putra putri terbaik yang lahir dari bumi dengan julukan Al Mulk ini, terpakai dalam jajaran kabinet yang dipimpin oleh Presiden RI I, Soekarno. Ketajaman daya pikir dan analisa untuk membentuk Negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat, kadang membawa Maluku sebagai “anak emas” sang proklamator itu.

Kecerdasan itu konon berasal dari nutrisi yang dikonsumsi oleh masyarakat Maluku dulu. Hasil laut (Ikan) dan hasil hutan yang melimpah merupakan salah satu sumber nutrisi masyarakat kala itu.

Guna mengembalikan kejayaan SDM Maluku, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Doni Munardo dalam arahannya pada masyarakat Desa Latuhalat menganjurkan seluruh putra-putri Maluku untuk memperbanyak konsumsi Ikan (hasil laut) sebagai salah satu asupan nutrisi untuk otak.

Menjaga kondisi anak-anak terutama pemenuhan gizi dan nutrisi, harus dilakukan oleh orang tua agar anak-anak dapat tumbuh besar dan sehat.

“Beri anak-anak kita makan ikan yang banyak karena dalam ikan terdapat kandungan nutrisi yang tinggi disamping itu juga baik untuk kecerdasan otak,” tandasnya.

Pangdam berkesempatan mengunjungi Desa Latuhalat untuk melihat dari dekat Pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membanguan Desa (TMMD) ke-98 yang dilakukan oleh Jajaran Kodim 1504/Ambon dalam bentuk Kegiatan fisik dan non fisik di beberapa wilayah di Pulau Ambon.

18090586_1439838756039407_210094305_oKepala Penerangan Komando Resort Militer (Korem) 151/Binaiya Mayor Czi. Gerald.N.L Tobing kepada INTIM NEWS, Sabtu (22/4) mengatakan, untuk melihat secara langsung pekerjaan-pekerjaan fisik dan non fisik yang telah dilakukan oleh Jajaran Kodim 1504/Ambon dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 yang dilakukan Negeri Latuhalat dan Desa Amahusu pada beberapa Minggu, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo bersama Perwira jajaran Kodam XVI Pattimura meninjau secara langsung penyelesaian pekerjaan-pekerjaan fisik dan non fisik yang dilakukan oleh jajaran Kodim 1504/Ambon.

” Kegiatan fisik di Desa Latuhalat dan Amahusu berupa pekerjaan saluran drainase dan pembuatan jalan lingkungan dikerjakan secara gotong-royong TNI dan masyarakat desa yang mana penyelesaian pekerjaan saluran drainase dan pembuatan jalan lingkungan yang dikerjakan oleh Satuan Kodim 1504/Ambon secara gotong royong bersama masyarakat Negeri Latuhalat dan Desa Amahusu direncanakan pekerjaannya akan selesai seluruhnya sebelum penutupan TMMD termasuk pekerjaan fisik dan non fisik di Desa Hukurilla dan Hutumuri,” ungkap Kapenrem 151/Binaiya.

Dikatakanya pada kesempatan kunjungannya, Pangdam juga mengucapkan rasa terima kasih atas kerjasama dan partisipasi masyarakat dalam membantu TNI pada kegiatan TMMD ke-98.

” Pangdam menyampaikan agar dilaksanakan pekerjaan tambahan mengingat pekerjaan fisik yang sudah selesai sebelum penutupan TMMD dengan mengadakan penyemaian dan pembibitan tanaman keras dan tanaman buah di Desa Latuhalat seperti pohon gandaria dan beberapa pohon buah lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa karena hasil tanaman tersebut memiliki nilai jual yang tinggi,” ucapnya.

Dalam kunjungan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo beserta jajaran perwira Kodam XVI Pattimura di Negeri Latuhalat dan Desa Amahus, Masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan Pangdam dan sangat senang dengan kerja keras yang ditunjukan personil TNI dalam menyelesaikan pekerjaan TMMD ke-98. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top