Kota Ambon

Dharma Wanita SUPM Waiheru Ambon Maknai Hari Kartini

18012802_1238182182917829_1029523015_o

AMBON,MALUKU- Peringatan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2017, Bagi Ketua Dharma Wanita Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon, Anita Latin/Ely bukan hanya merupakan sosok perempuan yang luar biasa, namun juga sebagai seorang ulama perempuan pada zamannya.

Menurut Anita, Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu santri andalan dari KH Soleh Darat. Kendati demikian, hal itu selama ini belum pernah diungkapkan. Dia mengatakan, Kartini merupakan sosok perempuan yang memiliki cara berpikir tak seperti perempuan pada zamannya, serta memiliki pemikiran dan interaksi di luar zaman dan tradisi saat itu yang mengukung.

”Artinya bahwa itu akan menjadi pembelajaran yang sangat penting bagi seluruh perempuan Indonesia bahwa ternyata kalau kita berusaha ternyata bisa dia bisa memberikan rasionalisasi dari seluruh pemikiran-pemikiran besarnya dia, sehingga dia diberi kesempatan tidak hanya untuk belajar tapi juga untuk mengajar,” kata wanita yang akrab disapa Nita ini.

Dengan cara berpikirnya tersebut, lanjutnya, Kartini mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan para akademisi dan intelektual baik di dalam maupun luar negeri. Memperingati hari Kartini inipun, Ketua Dharma Wanita SUPM Waiheru Ambon berharap apa yang dilakukan oleh Kartini dapat menjadi teladan dan memberikan dorongan serta motiviasi bagi seluruh perempuan Indonesia untuk terus menuntut ilmu.

“Mudah-mudahan apa yang sudah diteladakan oleh Kartini bisa hadir dalam kehidupan nyata, bisa memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh perempuan Indonesia untuk terus belajar dan lebih produktif lagi, mudah-mudahan perempuan Indonesia sehat sejahtera semua,” jelasnya.

Lebihnya, dia mengharapkan lewat momentum hari Kartini ini lebih mempererat tali silahturahmi dan kebersamaan di antara sesama Dharma Wanita lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP). (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top