Seram Bagian Barat

BPBD Kab.SBB Gelar Simulasi Bencana Alam

simulasi bencana
Ilustrasi Simulasi Bencana

SBB,MALUKU- Simulasi penanggulangan bencana dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten SBB yang bekerja sama dengan SD INPRES 2 Piru, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Rabu, (26/4 ).

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana oleh BPBD Kab. SBB yang dipusatkan di lokasi SD Inpres 2 Piru, dihadiri oleh Sekda SBB ( Mansyur Tuharea) Koramil Piru (Ato Laturake) Camat Seram Barat ( Rony Salenussa) dan anggota tim Penanggulangan Bencana Daerah SBB.

Di sela sela kegiatan Simulasi, Kepala BPBD SBB, Zul Soulissa mengatakan simulasi penanggulangan bencana yang dilakukan untuk memperingati hari kesiapsiagaan serta pencetusan Undang Undang penanggulangan bencana Alam kesiapsiagaan kepada masyarakat.

Masyarakat diminta Tanggap terkait dengan musibah entah factor alam maupun manusia.

Badan penanggulangan bencana daerah kabupaten SBB melibatkan siswa SD Inpres 2 Piru, agar siswa paham betapa pentingnya kesiapsiagaan terhadap bencana.

“Harapan kami untuk itu, untuk meminta bencana itu tejadi namun melakukan pencegahan meringankan mereka untuk memahami bagaimana mennghadapi datangnya bencana. Karena datangnya bencana tidak mengenal waktu, itu merupakan satu fenomena alam maka kami akan membekali siswa dan masyarakat agar dapat mencegah resiko bencana bagi mereka sendiri, “ tutur Kepala BPBD SBB.

Ditambahkannya, saat ini BPBD SBB masih kekurangan sarana dan prasarana penunjang, semisal peralatan evakuasi korban bencana, ambulance, mobil tanki untuk kesiapan air bersih, alat berat eksavator untuk menanggulami bencana longsor dan normalisasi sedimentasi.

“Ada beberapa hal yang kami akan sampaikan kepada pemerintah pusat terkait kekurangan BPBD kab SBB mobilisasi laut sampai saat ini masih minim diantara spet boat untuk melakukan evakuasi bencana di pulau pulau yang jangkauan jauh dari kota kabupaten SBB seperti Manipa, Kelang dan Buano dan bencana alam adalah fenomena yang akan datang kapan saja” tuturnya. (IN–13/NUM)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top