Politik

Wow Fantastis !! Ongkos Pilkada SBB Capai Angka Ini

Ketua KPU SBB
Ketua KPU SBB, Achmad Silehu

AMBON,MALUKU- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Propinsi Maluku rupanya menguras anggaran daerah yang cukup fantastis.

Tak tanggung tanggung ongkos pesta demokrasi itu menyentuh angka Rp.20 miliar. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU SBB Silehu Achmad, Rabu (8/3).

“Kita minta awal itu Rp 28 milyar, tetapi yang disetujui oleh DPRD dan Pemkab setempat itu Rp 25,5 miliar. Lalu dari seluruh proses tahapan Pilkada sampai sekarang kita sudah pakai Rp 20 miliar masih tersisa 5 milyar,”katanya.

Diakui, sisa anggaran Rp 5 miliar lebih, nantinya akan digunakan untuk pembayaran kepada beberapa pihak. Selain itu, akan juga digelar pleno penetapan pemenang.

“Jika ada kelebihan, nanti akan kita kembalikan ke kas daerah,” ujarnya.

Menurut Silehu, KPU juga nantinya akan melakukan pertanggungjawaban dihadapan DPRD terkait pemakaian anggaran.

“Selesai semua tahapan, KPU SBB akan pertanggungjawabkan anggaran di DPRD. Kita juga tidak mau jangan sampai ada yang menuding anggaran pilkada itu dipakai untuk berbagai kegiatan diluar kepentingan Pilkada,” tandasnya.

Silehu mengaku, kondisi geografis SBB yang terdiri dari beberapa pulau terpisah dan akses transportasi yang sulit menjangkau kecamatan-kecamatan yang jauh, memang membutuhkan anggaran yang besar, sehingga bukan hal baru jika KPU meminta anggaran Pilkada senilai Rp 28 milyar.

Kendati begitu, sedari awal KPU tetap berupaya agar dana yang disetujui oleh DPRD itu dikelola secara maksimal sehingga penggunaannya tepat sasaran. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top