Maluku

Salampessy Dorong Peningkatan Keterlibatan Perempuan di Bidang Politik

Perempuan dan Politik

AMBON,MALUKU- Perempuan adalah bagian yang sangat penting dalam suatu peradaban. Apabila perempuan berdaya dan sejahtera, maka keluarga akan merasakan dampak negatif dan positifnya, sehingga masa depan suatu peradaban lebih terjamin. Demikian ditegaskan Anggota Komisi D DPRD Maluku, Nurlaila Salampessy di Ambon.

Politisi F-PKB itu menilai, saat ini kepemimpinan perempuan Indonesia khususnya Maluku sudah lebih maju dari sebelumnya, hal ini terlihat dari banyak munculnya pemimpin perempuan di berbagai bidang. Namun, sayangnya hal itu kurang terlihat di bidang politik. Menurutnya, keterlibatan perempuan di bidang politik masih rendah.

“Tentunya, masih banyak PR yang harus laksanakan, kita masih harus mendorong keterlibatan perempuan di bidang politik, seperti keterwakilan di DPR,” ungkap politisi yang akrab dipanggil Ella itu, terkait Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret.

Ella menilai, sebagian kalangan masih mengasumsikan bahwa beberapa pekerjaan hanya bisa dilakukan oleh laki-laki, dan menganggap seorang wanita dengan status ibu muda hanya akan menghambat perkerjaan. Bahkan, masih banyak permasalahan sosial yang terjadi karena kurangnya ketahanan keluarga akibat masalah ekonomi.

“Padahal, jika perempuan berdaya dan dapat membantu menghidupi keluarganya, saya yakin dengan keluarga-keluarga yang sejahtera, tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia dapat meningkat,” katanya.

Dirinya berharap, kedepannya ada peningkatan kesadaran dan kepedulian terhadap perempuan. Mengingat, masih banyak ditemui bentuk perilaku diskriminasi yang terjadi di lingkungan masyarakat maupun di lapangan pekerjaan. Di sisi lain, ia juga menginginkan adanya perhatian dari pemerintah pusat maupun daerah untuk memastikan alokasi anggaran dalam merefleksikan pemahaman kesetaraan gender dan juga perlindungan bagi perempuan dan anak dari kekerasan.

“Sayangnya, perhatian itu masih jauh dari ideal,” tutup politisi asal dapil SBT itu. (IN-04)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top